Kedeputian Penmas IKN Rangkul Uniba Realisasikan Pengembangan Rest Area Nusantara di IKN

Peristiwa | 06 Jun 2024 | 19:49 WIB
Kedeputian Penmas IKN Rangkul Uniba Realisasikan Pengembangan Rest Area Nusantara di IKN
Rest Area Nusantara nantinya diharapkan menjadi simbol kemitraan yang harmonis antara dunia akademik dan pemerintahan.

Uwrite.id - Dalam upaya mendorong sinergi antara sektor akademik dan sektor publik, Otorita Ibu Kota Negara (IKN) baru-baru ini merangkul Universitas Balikpapan (Uniba) untuk kerjasama dalam pengembangan Rest Area Nusantara di IKN. Melalui pertemuan yang dihadiri oleh Direktur Penmas IKN, Conrita Ermanto, dan Rektor Uniba, Isradi Zainal, kedua pihak berdiskusi secara komprehensif mengenai langkah-langkah konkret ke depan.

Rest Area Nusantara nantinya diharapkan menjadi simbol kemitraan yang harmonis antara dunia akademik dan pemerintahan. Pengembangan rest area ini tidak hanya menitikberatkan pada penyediaan fasilitas kuliner bagi warga penghuni IKN nantinya, tetapi juga mengikutsertakan unsur pengabdian masyarakat, sebagaimana ditekankan dalam Tridharma Perguruan Tinggi. Proyek ini akan menggabungkan riset dan kajian untuk optimalisasi utilitas sarana, memberikan ruang bagi Universitas Balikpapan untuk berkontribusi langsung dalam penyiapan fasiltas-fasilitas penunjang aktivitas di IKN.

Rektor Uniba, Isradi Zainal, dikenal sebagai sosok akademisi yang sangat berkomitmen terhadap pengembangan IKN Nusantara sebagai ibu kota negara dan kota masa depan yang berkelanjutan secara ekologis. Isradi Zainal menekankan pentingnya kolaborasi ini karena kontribusi dari kalangan kampus, khususnya civitas academica Universitas Balikpapan, akan memperkaya kualitas pengembangan rest area melalui kajian dan riset yang mendalam.

Selain itu, Presiden Joko Widodo telah melakukan peletakan batu pertama untuk pembangunan Arena Botanika di IKN, yang diproyeksikan selesai pada semester pertama tahun 2025 dengan investasi sebesar Rp100 miliar. Arena Botanika ini dirancang sebagai lokasi kuliner berkelas dengan menghadirkan lima merek restoran ternama, yang diharapkan dapat memacu para menteri dan pejabat lainnya untuk pindah ke IKN. Proyek ini diharapkan mendukung visi besar pemerintah dalam membangun IKN sebagai pusat ekonomi, budaya, dan inovasi.

Dalam konteks kemitraan IKN-Uniba, program ini juga mencakup pemberdayaan UMKM dan program pengabdian masyarakat oleh tenaga pengajar dan mahasiswa Uniba. Rest Area Nusantara sudah memiliki 10 tenant, dan akan ada penambahan bangunan baru yang dapat menampung 20 tenant tambahan. Pengisian tenant-tenan baru ini membutuhkan bentuk kajian dari kalangan kampus, memberikan peran penting bagi civitas academica Universitas Balikpapan.

Uniba senantiasa siap mendukung penuh program dari Otorita IKN dan dalam waktu dekat akan merinci butir-butir Naskah Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) untuk semakin memantapkan format sinergitas antara Kedeputian Penmas IKN dan Universitas Balikpapan. Kolaborasi ini juga diyakini mempunyai makna penting dalam pengembangan IKN sebagai ibu kota masa depan yang berkelanjutan dan modern.

Menulis di Uwrite bisa dapat penghasilan, Investasikan tulisan anda sekarang juga
Daftar di sini

Jika anda keberatan dan memiliki bukti atau alasan yang kuat bahwa artikel berita ini tidak sesuai dengan fakta, anda dapat melakukan pengaduan pada tautan ini

Tulis Komentar

0 Komentar