Jambore Geopark 2025 Sumbar Ditetapkan di Ngarai Sianok

Budaya | 30 Jul 2023 | 06:18 WIB
Jambore Geopark 2025 Sumbar Ditetapkan di Ngarai Sianok
Jambore Geopark Ranah Minang pertama

Uwrite.id - Untuk tahun 2025 nanti, Ngarai Sianok, Agam terpilih sebagai tempat Jambore Geopark Ranah Minang.

Penyerahan panji pataka Geopark menandai ditetapkannya Ngarai Sianok menjadi lokasi penyelenggaraan Jambore Geopark Ranah Minang kedua pada tahun 2025. Setiap 2 tahun dilakukan penetapan lokasi untuk Jambore Geopark Ranah Minang. 

Panji pataka diserahkan kepada Wakil Gubernur Audy Joinaldi oleh Walikota Deri Asta. Kemudian, dilanjutkan wagub ke perwakilan BP Geopark Ngarai Sianok-Agam.

Baca Juga : 200 Masyarakat dan Wisatawan Kota Batu Ikut Semarakkan Acara Plesiran Bumiaji 2023

"Kita saksikan Jambore Geopark Ranah Minang pertama di Camping Ground Kandi Sawahlunto, sukses," kata Wagub Sumbar, Audy Joinaldi saat menutup jambore tersebut, Jumat (28/07).

Wagub menanyakan kesan salah satu peserta selama turut serta dalam Jambore Geopark Ranah Minang ke-1 di Sawahlunto. Mewakili teman-temannya yang lain, dirinya mengatakan bahwa hatinya puas mengikuti tiap-tiap perlombaan serta aktivitas lainnya.

Slogan yang diangkat di Jambore Geopark Ranah Minang 2023 ini adalah Alam Takambang jadi Guru. Aktivitas yang dihelat selama jambore di antaranya, kerajinan, bimtek, expo geologi, camping bersama, geotracking dan workshop.

Kadis Pariwisata Sumbar, Luhur Budianda mengungkapkan, 200 peserta dari 9 region geopark di bumi ranah Minang tersebut yaitu Danau Singkarak, Kota Tua Pertambangan Sawahlunto, Gua Batu Kapal-Solok Selatan, Silokek-Kabupaten Sijunjung, Ngarai Sianok-Agam, Lembah Harau-Kab 50 Kota, Danau Maninjau-Agam, Danau Kembar-Kabupaten Solok, serta Danau Tarusan Kamang-Bukittinggi. 

Jika anda keberatan dan memiliki bukti atau alasan yang kuat bahwa artikel berita ini tidak sesuai dengan fakta, anda dapat melakukan pengaduan pada tautan ini

Tulis Komentar

0 Komentar