200 Masyarakat dan Wisatawan Kota Batu Ikut Semarakkan Acara Plesiran Bumiaji 2023

Lingkungan Hidup | 28 Jul 2023 | 16:50 WIB
200 Masyarakat dan Wisatawan Kota Batu Ikut Semarakkan Acara Plesiran Bumiaji 2023
(Foto: Dokumen/Istimewa)

Uwrite.id - Kota Batu – Badan Usaha Miliki Desa BAJA (Bumiaji Amazing Jip Adventure) sukses menyelenggarakan Festival Trip Jip Edukasi dan Budaya di Desa Bumiaji, Kota Batu.

Dalam rangkaian acara Festival TripiniBAJA berkolaborasi bersama dengan kelompok Elysian, sekelompok mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang dan juga beberapa panitia pelaksana Plesiran Bumiaji yang lainnya.

Selaku Ketua Pelaksana acara Plesiran Bumiaji 2023, Galuh Kirana menyampaikan tujuandari acara ini diadakannya, agar masyarakat dapat lebih mengenal seluruh potensi-potensi yang dimiliki Desa Bumiaji. 

Tentunya melalui kolaborasi kelompok mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang bersama BUMDES BAJA ini, Galuh dan panitia pelaksana berusaha agar dapat memaksimalkan pemberdayaan potensi yang pas untuk menjadi paket sektor wisata yang baru di Desa Bumiaji.

Acara ini menjadi penggerak utama sektor wisata di Desa Bumiaji, melihat antusiasme masyarakat yang ikut dalam berpartisipasi dan juga memeriahkan acara Plesiran Bumiaji 2023 tersebut.

Dimulai dari partisipasi wisatawan kelilingi wisata di Desa Bumiaji menggunakan mobil Jip, mengunjungi pusat oleh - oleh khas Desa Bumiaji yang baru saja diresmikan, hingga pada suguhan hiburan seni budaya dari Komunitas Sanggar Tari Jaranan Putro Rohjoyo Desa Bumiaji.

Sampai pada suguhan keindahan alam dari bukit jengkoang menambah ketertarikan wisatawan, juga dengan euforia offroad dari Jip BAJA yang memacu keseruan adrenalin tersendiri.

Hal ini disampaikan oleh salah satu pengunjung bahwa wisata jip ini dapat dijadikan alternatif penghilang penat untuk orang - orang pekerja kantoran di perkotaan.

Sebagai titik pemberhentian terakhir, para wisatawan disuguhkan pusat oleh - oleh khas Desa Bumiaji, Omah APEL. Omah APEL yang dibentuk kembali dalam acara ini bersama ibu - ibu PKK Desa Bumiaji, menjadi sektor penggiat potensi usaha - usaha kecil menengah dalam mengembangkan perekonomian di Desa Bumiaji.

Tak sampai disitu saja, warga Desa Bumiaji turut memeriahkan acara Plesiran Bumiaji 2023 melalui evalusi dan monitoring Bazar Kuliner Tradisional diikuti oleh tiap RW Desa Bumiajiyang diadakan dalam serangkaian acara ini.

Dimulai dari dekorasi hingga sajian makanan yang membentuk tema tradisional khas Desa Bumiaji ini,menambah wawasan para wisatawan mengenai kuliner yang khas berasal dari Desa Bumiaji.

Acara yang bertemakan olahraga dan budaya ini turut dihadiri oleh PJ WaliKota Batu yang diwakili oleh Staff Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik Mochamad Agoes Macmoedi. “Acara ini sangat bagus untuk menambah semangat sektor wisata yang ada di Kota Batu lainnya, dan juga acara ini tidak hanya sekedar menampilkan keindahan alamnya saja tetapi juga disuguhkan berbagai macam edukasi yang mengangkat potensi - potensi yangdinilai menjadi rekomendasi wisata kota Batu kedepannya," ucapnya.

Mahasiswa sebagai pioneer penggerak berkembangnya kehidupan masyarakat, juga didukungoleh Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu Arief As Siddiq. Menyampaikan dukungannya Arief berharap dapat kolaborasi antar mahasiswa dengan pembangunan kesejahteraan masyarakatini dapat berlanjut tidak cukup sampai di acara ini saja.

Sejalan dengan Arief, Kepala Desa Bumiaji Edi Suyanto selaku tuan rumah menyampaikan, “Adanya acara ini harapannya dapat menjembatani pengomptimalan kegiatan-kegiatan sektor wisata yang ada di Desa Bumiaji lainnya. Agar kedepannya acara yang seperti ini berjalan secara rutin ditiap minggunya, demi mengembangkan kesejahteraan perekonomian warga Desa Bumiaji," katanya.

Menulis di Uwrite bisa dapat penghasilan, Investasikan tulisan anda sekarang juga
Daftar di sini

Jika anda keberatan dan memiliki bukti atau alasan yang kuat bahwa artikel berita ini tidak sesuai dengan fakta, anda dapat melakukan pengaduan pada tautan ini

Tulis Komentar