Yuk Intip Serba-serbi Stand Pameran Jumbara Nasional 2023 Dari Masing-masing Kontingen

Ekonomi | 04 Jul 2023 | 17:35 WIB
Yuk Intip Serba-serbi Stand Pameran Jumbara Nasional 2023 Dari Masing-masing Kontingen
Pameran yang berada di lapangan Lampung Selatan Expo itu banyak diserbu oleh kalangan muda serta masyarakat umum dihari pertama pembukaan (04/07/23)

Uwrite.id - LAMPUNG SELATAN, Stand Pameran dari berbagai provinsi se indonesia berikan warna pada kegiatan Jumpa Bakti Gembira (JUMBARA) Nasional ke-IX 2023 di Kabupaten Lampung Selatan, diperkirakan ada puluhan stand yang menampilkan hasil usaha mikro menengah (UMKM) home industrial hingga menjual kuliner, pakaian, miniatur, benda tradisonal dan pernak-pernik lainnnya.

Pameran yang berada di lapangan Lampung Selatan Expo itu banyak diserbu oleh kalangan muda serta masyarakat umum dihari pertama pembukaan, dengan keunikan masing-masing dari tiap stand kontingen membuat pengunjung betah berlama-lama di areal pameran stand Jumbara Nasional 2023.

Diketahui ada 34 provinsi yang turut sukseskan di kegiatan bergengsi ini, tak ayal seluruh kontingen membawakan kesan terbaik di tanah Lampung dengan serba-serbi kekayaan Nusantara.

Yuk mari kita intip beberapa stand dari masing-masing kontingen serta barang beraneka ragam yang diusung untuk mengisi stand pameran Jumbara 2023:

1. Nusa Tenggara Barat

Display stand dari Kontingen Nusa Tenggara Barat

Stand dari kontingen satu ini mengusung hasil kerajinan tangan, pakaian dan kuliner khas NTB, ada juga cincin bermata mutiara asli dari hasil laut dan air tawar yang dibandrol mulai dari harga Rp. 25.000 - 500.000.

"ini kita membawa hasil UMKM warga lokal yang ada di sana dan ini semua diproduksi dari rumah atau home industri" Tutur Sodiqoh selaku penunggu stand saat diwawancarai UwriteID Lampung pada hari Selasa sore, 4 Juli 2023.

2. Jawa tengah

Display stand dari Kontingen Jawa Tengah

Berhadapan dengan stand NTB, dari kontingen jawa tengah lebih dominan pada kuliner dan makanan khas Jateng mulai dari olahan keripik, kue kering, kue basah hingga Kopi bubuk.

3. Aceh

Display stand dari Kontingen Aceh

Tak jauh dari stand provinsi NTB, provinsi aceh menempatkan pakaian khas aceh salah satunya yang unik dari stand ini adalah Kopiah/peci. Dan juga stand ini tak lupa menjual Kopi Robusta serta arabica.

4. Nusa Tenggara Timur

Display stand dari Kontingen Nusa Tenggara Timur

Berbeda dengan NTB, stand pameran milik NTT ini diisi penuh dengan aksesoris, tas rajut bermotif songket sampai kopi hasil olahan masyarakat NTT.

5. Riau

Display stand dari Kontingen Riau

Stand yang satu ini juga tak mau kalah, mengusung tema kesenian dan budaya provinsi Riau serta lengkap dengan buku-buku tentang aneka ragam kearifan lokal provinsi tersebut.

"Stand disini lebih mengenalkan kebudayaan Riau kak, ada macam-macam alat yang digunakan suku indragiri hulu saat beraktivitas sehari-hari bahkan alat untuk ritual", Terang Vina dan Amanda selaku peserta Jumbara sekaligus penunggu stand kontingen Riau ini.

Itulah beberapa stand pameran yang ramai dikerumuni  bahkan menjadi stand favorit pengunjung yang berada di pameran Jumbara Nasional ke-IX 2023 di Kabupaten Lampung Selatan, stand dibuka dari pagi hingga menjelang malam.

Kegiatan tersebut akan berlangsung selama sepekan terhitung mulai dari tanggal 4-9 Juli 2023, yuk mianak muakhi semuanya jangan lupa kunjungi stand pameran Jumbara yang bertempat di Lapangan Lampung Selatan Expo, Kalianda, Lampung Selatan.(AL)

 

Jika anda keberatan dan memiliki bukti atau alasan yang kuat bahwa artikel berita ini tidak sesuai dengan fakta, anda dapat melakukan pengaduan pada tautan ini

Tulis Komentar

0 Komentar