Viral! Relawan Bacapres Ganjar Deklarasi Libatkan Pelajar SD di Lampung Dibongkar Partai Socmed, Sulawesi di Gereja

Politik | 05 Jun 2023 | 09:15 WIB
Viral! Relawan Bacapres Ganjar Deklarasi Libatkan Pelajar SD di Lampung Dibongkar Partai Socmed, Sulawesi di Gereja
Deklarasi Relawan Ganjar di sekolah di Lampung diduga libatkan pelajar SD. (Foto: Twitter @ PartaiSocmed)

Uwrite.id - BANDAR LAMPUNG - Viral di media sosial Relawan Ganjar Pranowo menggelar deklarasi relawan dibalut peringatan Hari Lahir Pancasila, yang melibatkan pelajar Sekolah Dasar (SD) di Lampung.

Parahnya lagi, Relawan Ganjar itu juga disebut memaksa guru-guru di sekolah tersebut menjadi panitia tanpa diberi makan dan minum.

Hal itu terlihat dalam unggahan akun Twitter @PartaiSocmed, Sabtu (3/6/2023), dilihat pada Ahad, 4 Juni 2023, sore.

"Tolooong, urusan dukung mendukung copras-capres jangan melibatkan sekolah dan anak2 SD!! Sudah gitu guru2nya dipaksa jadi panitia tanpa diberi makan dan minum sama sekali pula! Cc @bawaslu_RI," tulis @Partai Socmed melalui utasnya.

Tak lama kemudian, Bawaslu RI pusat menanggapi postingan tersebut melalui akun Twitter @bawaslu_RI.

"Terima kasih informasinya Sahabat @PartaiSocmed. Boleh diinfo lokasinya dimana? Kami akan koordinasikan lebih lanjut dengan pihak/lembaga yang fokus di isu anak. Terima kasih telah ikut mengawasi bersama," tulis @bawaslu_RI.

Menindaklanjuti permintaan tersebut, akun @PartaiSocmed memberikan alamat lengkap sekolah yang terlibat dalam deklarasi tersebut.

"Sekolah Islam Terpadu INSAN TAQWA. Dusun Bangun Rejo, Sidosari, Kecamatan Natar, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung. Kode Pos 35142." tulis @partaisocmed.

Bawaslu menanggapi informasi tersebut dengan menyatakan terima kasih dan akan mengoordinasikannya dengan pihak/lembaga yang fokus pada isu anak.

"Baik Sahabat, akan kami tampung lokasinya, dan akan dikoordinasikan lebih lanjut dengan pihak/lembaga yang fokus di isu anak ya. Terima kasih telah ikut mengawasi bersama," ujar akun Bawaslu.

Sekira lima jam kemudian, akun Twitter Bawaslu Provinsi Lampung menanggapi dengan mengatakan jika pihaknya sedang melakukan penelusuran.  

"Mohon izin, sudah kita instruksikan dan sedang dilakukan penelusuran kepada Bawaslu setempat, untuk segera dilaporkan ke Bawaslu provinsi," tulis @BawasluLampung_

"Mohon update terus perkembangannya," balas @PartaiSocmed

Sejumlah warganet lainnya pun turut mengomentari cuitan akun Twitter Partai Socmed tersebut.

"Denger hey @bawaslu_RI. meskipun udh ditelusur tapi harus slalu up to date perkembangannya serta harus ditindak tegas meskipun sejalan dgn penguasa jangan malah dibikin tenggelam karena dibikin isu baru," cuit @Muhammad_nsyam.

"Pelanggaran terus ujung²nya masih bisa lanjut🤣 tidak hanya secara nasional. Secara daerah kecamatan pun seperti itu,"  tulis @NafanNasrul

"Sepertinya hampir tdk mungkin kalau Bawaslu setempat tidak tahu," sindir @Priyatno.

"Jangan cuma sampai penelusuran,berani ngga ngasih sangsi ke capres dan relawan2nya?" tantang @firdlan

Akun Partai Socmed juga memposting foto surat undangan dari persatuan gereja di wilayah Sulawesi Bagian Utara dan Tengah. 

Dalam surat itu tertulis undangan ibadat kenaikan Yesus Kristus yang dirangkaikan dengan tatap muka bersama Ganjar Pranowo.

"Yg ini lebih alus," sindir @PartaSocmed.

Warganet juga banyak yang mengomentari postingan tersebut dengan beragam komentar.

"Padahal pendukungnya Ganjar suka menuduh ke lawannya dengan sebutan politik identitas. Sementara mereka bergerilya melakukannya 🤔.." kicau @lobaKaheureui

"Standar ganda wkwkwk. Mereka boleh politik identitas, exclusive buat mereka sendiri. Di gereja dukung Ahok aja gak ada masalah, kalau sebaliknya langsung playing victim," cuit @Meemo_pari

"Masih yakin bakal ditindak sama @bawaslu_RI. gw sih hak yakin yaa. Ganjar kampanye ke masjid aja dibilang "tidak melanggar" beda kalo Anies, langsung digoreng," sindir @es_evhan

"Itu kl anis udah disemprot bawaslu krn menggunakan tmpt ibadah untuk kampanye...🤭🤭🤭" tulis @Dylan43944463.

"TKP sudah jelas, yang gak jelas penyelesaiannya,,,gak ad ujungnya 😋" sindir @prayogo_sih.

"@bawaslu_RI, agar dipastikan kegiatan keagamaan/ibadah tidak diisi dng kegiatan politik praktis, siapapun capresnya…berbahaya agama dijadikan alat politik," saran @knownaspeci

Belum ada tanggapan resmi dari pihak relawan Ganjar Pranowo soal unggahan dari akun Twitter @PartaiSocmed hingga info ini terbit. (*)

Menulis di Uwrite bisa dapat penghasilan, Investasikan tulisan anda sekarang juga
Daftar di sini

Jika anda keberatan dan memiliki bukti atau alasan yang kuat bahwa artikel berita ini tidak sesuai dengan fakta, anda dapat melakukan pengaduan pada tautan ini

Tulis Komentar