Usai Foto Pamernya Dikuliti @Partaisocmed, Kini KPK Mulai Pelototi Harta Kadinkes Lampung

Hukum | 19 Apr 2023 | 20:06 WIB
Usai Foto Pamernya Dikuliti @Partaisocmed, Kini KPK Mulai Pelototi Harta Kadinkes Lampung

Uwrite.id - Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Reihana, tengah menjadi sorotan setelah kegemarannya memamerkan barang-barang mewahnya di media sosial diviralkan akun twitter @partaisicmed. Kini KPK mulai mempelajari asal-usul harta kekayaan milik Reihana.

"Sedang di-review LHKPN-nya," kata Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan saat dihubungi, Rabu (19/4/2023).

Dikutip dari detik.com, Pahala mengatakan bahwa pihaknya tengah mempelajari sumber kekayaan dari Reihana yang tercantum dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) miliknya. KPK juga membuka peluang untuk melakukan klarifikasi secara langsung jika menemukan adanya kejanggalan dari harta milik Reihana.

"(Klarifikasi ke Reihana) tergantung analisa awal ya," ujar Pahala.

Kekayaan Milik Reihana

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Reihana ternyata mempunyai harta kekayaan Rp 2,7 miliar.

Dilansir dari laman resmi KPK, Reihana, melaporkan LHKPN 2022 pada 16 Februari 2023. Tercatat di LHKPN Reihana memiliki tanah dan bangunan senilai Rp 1.958.250.000 yang tersebesar di beberapa wilayah seperti Bandar Lampung senilai Rp 498.000.000, tanah seluas 4.881 m2 di Pesawaran senilai Rp 1.200.250.000.

Selain itu, ada tanah seluas 400 m2 dan 419 m2 di Lampung Selatan dengan nilai masing-masing RP 120 juta. Tanah dan bangunan itu merupakan hasil sendiri. Bukan hanya tanah dan bangunan, Reihana juga tercatat memiliki alat transportasi dan mesin senilai Rp 450 juta yang terdiri dari Nissan Elgrand tahun 2007 senilai Rp 200 juta (hadiah), Toyota Minibus tahun 2010 senilai Rp 150 juta (hasil sendiri), Mercedes-Benz V230 tahun 2002 seharga Rp 100 juta (hasil sendiri).

Reihana juga melaporkan harta bergerak lain yang dimilikinya senilai Rp 6.750.000, kas setara kas Rp 300 juta. Di LHKPN Reihana tidak memiliki utang, sehingga total kekayaannya mencapai Rp 2.715.000.000.

Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi menyemprot Kadis Kesehatan Provinsi Lampung, Reihana. Tegurin Arinal berkaitan viralnya kadis kesehatan yang dinilai netizen memamerkan barang-barang mewah.

"Sudah pasti tidak boleh. Tetapi publikasi itu belum tentu di jam kerja, kalau dia sedang kerja tidak boleh. Sepatu saya juga kan dari luar negeri tapi enggak begitu ditonjolkan. Nah, jadi jangan ditonjolkan ya Bu Reihana, yang lainnya juga, bila perlu kita sidak saja lah," ucap Arinal di depan para kadis, Senin (17/4).

Dalam kesempatan itu, Arinal juga mengajak para kadisnya untuk selalu menyesuaikan pakaian jika masih dalam berdinas. Dia juga mengingatkan kepada para kadisnya untuk tidak menonjolkan gaya hidup mewah.

"Tolong dimaafkan dan saya minta Bu Reihana dan para pejabat kepala dinas lainnya sudahlah, disesuaikan saja," tandasnya.

Jika anda keberatan dan memiliki bukti atau alasan yang kuat bahwa artikel berita ini tidak sesuai dengan fakta, anda dapat melakukan pengaduan pada tautan ini

Tulis Komentar

0 Komentar