Urutan 2 Survei Indikator Politik, Ini Kata Demokrat Sumbar

Politik | 07 Aug 2023 | 15:41 WIB
Urutan 2  Survei Indikator Politik, Ini Kata Demokrat Sumbar
Partai Demokrat berada pada urutan dua dalam survei elektabilitas partai di wilayah Sumatera Barat, yang dilakukan lembaga survei Indikator Politik Indonesia, Juli 2023, di bawah Partai Gerindra.

Uwrite.id - Partai Demokrat berada pada urutan dua di bawah Partai Gerindra, dalam survei elektabilitas partai di wilayah Sumatera Barat, yang dilakukan lembaga survei Indikator Politik Indonesia, Juli 2023. 

Menanggapi hal ini, Kepala Bakomstra DPD Partai Demokrat Sumbar, Ari Prima berkomentar bahwa pihaknya akan menjadikan survei ini sebagai masukan untuk menyiapkan diri menuju Pemilu Legislatif pada 14 Februari 2024 mendatang.

"Ini sebagai acuan dan juga penambah energi agar para kader dan bacaleg bekerja keras untuk dapat memenangkan pemilu di Sumatera Barat," ujar Ari kepada media, Sabtu (05/08/2023).

Ari menyebut meningkatnya elektabilitas Partai Demokrat di Sumatra Barat bisa dikatakan sebagai dampak dari kerja-kerja politik semua kader dan juga upaya keras Ketua DPD Demokrat Sumbar, Mulyadi. Di mana diketahui Mulyadi masuk ke dalam daftar caleg DPR RI dari Partai Demokrat yang memiliki elektabilitas tinggi jika merujuk kepada hasil survei Indikator Politik Indonesia itu.

"Ketua DPD telah menginstruksikan supaya semua kader senantiasa bergerak dan tidak boleh bosan dan lelah menyapa rakyat, khususnya yang memerlukan bantuan," ujar Ari.

Pada Pemilu 2019 lalu, Partai Demokrat Sumbar berhasil meraih dua kursi DPR RI, dan berada di posisi ketiga dengan meraih 371.058 suara atau 13.6 persen dan satu orang dari dapil 2, Rezka Oktoberia. Juga dari Daerah Pemilihan I yaitu Darizal Basir.

Rilis survei terbaru Indikator Politik Indonesia, menempatkan Partai Demokrat pada posisi kedua dengan perkiraan total raihan kursi sebanyak 3 kursi yang terdiri atas 1 kursi di dapil Sumbar I dan 2 kursi di dapil Sumbar II.

Posisi pertama masih dipegang oleh Partai Gerindra dengan perkiraan 4 kursi dengan komposisi 3 kursi di dapil Sumbar I dan 1 kursi di dapil Sumbar II. Sedangkan partai politik lainnya yang masih memperoleh kursi DPR RI yakni PAN, Golkar, Nasdem, PKS untuk dapil Sumbar I dan PKS, Golkar, PAN di dapil Sumbar II.

Survei dilaksanakan pada periode 26 Juni sampai dengan 10 Juli 2023 dengan melibatkan 1.620 responden yang sebarannya meliputi dua dapil Sumbar. Survei ini dilakukan dengan teknik wawancara tatap muka dengan margin of error sekitar 2 7 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Dari hasil survei tersebut, nama Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono, keluar sebagai kandidat cawapres terfavorit di Sumbar.

Mengacu kepada simulasi 10 nama yang disurvei, AHY berada di urutan teratas dengan angka 28.1 persen, unggul dari Sandiaga Uno 21.8 persen, Erick Thohir 10.5 persen, Mahfud MD 6 6 persen, Ridwan Kamil 56 persen, Andika Perkasa 22 persen, Airlangga Hartarto 1.6 persen, Muhaimin Iskandar 1.1 persen, Khofifah Indar Parawansa 0.9 persen dan Nasarudin Umar 0.0 persen.

Jika anda keberatan dan memiliki bukti atau alasan yang kuat bahwa artikel berita ini tidak sesuai dengan fakta, anda dapat melakukan pengaduan pada tautan ini

Tulis Komentar

0 Komentar