TNI Bersama Warga Lintas Iman Ciamis Membersihkan Lingkungan Gereja St. Yohanes

Budaya | 18 Nov 2023 | 15:13 WIB
TNI Bersama Warga Lintas Iman Ciamis Membersihkan Lingkungan Gereja St. Yohanes
Anggota TNI dari Koramil 1301 Ciamis bersama warga membersihkan lingkungan gereje St. Yohanes. Foto/istimewa

Uwrite.id - Anggota TNI dari Koramil 1301/Ciamis bersama-sama dengan warga lintas iman menggelar kegiatan Sabtu Kasih Sayang dengan membersihkan lingkungan Gereja Katolik St. Yohanes Ciamis. Sabtu (18/11/23).

Babinsa Kelurahan Ciamis, Pelda Rahmat Komarudin mengatakan, awalnya kegiatan ini hanya melibatkan 10 anggota TNI. Namun kemudian, kegiatan ini berkembang positif dengan respons baik dari warga setempat.

"Sekitar 35 orang warga bergabung secara sukarela, membawa peralatan kebersihan dari rumah masing-masing untuk membersihkan sampah-sampah di sekitar Gereja St. Yohanes," kata Pelda Rahmat.

Pelda Rahmat Komarudin, menyatakan bahwa partisipasi inisiatif warga menunjukkan implementasi kerukunan di Kampung Lebak secara nyata.

"Meskipun kegiatannya sederhana, yaitu bersih-bersih lingkungan namun memberikan dampak yang luar biasa dalam membangun masyarakat yang rukun," tambahnya.

Kegiatan dimulai pukul 07.00 WIB dengan apel singkat oleh Babinsa Kelurahan Ciamis, Pelda Rahmat Komarudin, didampingi Kepala Gereja St. Yohanes, Romo Mikael.

Pelda Rahmat berharap kegiatan ini dapat memperkuat sikap toleransi dan persaudaraan dalam keberagaman, khususnya di Kampung Lebak.

Perwakilan Gereja Katolik St. Yohanes, Romo Gatot, menyampaikan terima kasih kepada anggota TNI dan masyarakat yang ikut serta dalam aksi Sabtu Kasih Sayang.

Ia menganggap kegiatan ini sebagai wujud kasih sayang dan toleransi nyata dalam perbedaan kepercayaan.

"Sebuah semangat kasih sayang dalam bentuk gotong royong yang sederhana tetapi penuh makna. Anggota TNI dan masyarakat mau membantu membersihkan rumah ibadah sesamanya walau pun berbeda keyakinan" ujarnya.

Kepala UPTD Kebersihan Kabupaten Ciamis, Ismail Suwangga, turut berkontribusi dengan mengirimkan tim kebersihan untuk mengangkut sampah yang terkumpul.

Kehadiran Ketua RW setempat sekaligus Ketua DKM Masjid Al-Mujahidin, Asep, juga menjadi bagian dari kebersamaan dalam kegiatan ini.

Jika anda keberatan dan memiliki bukti atau alasan yang kuat bahwa artikel berita ini tidak sesuai dengan fakta, anda dapat melakukan pengaduan pada tautan ini

Tulis Komentar

0 Komentar