Timnas Indonesia Bungkam Turkmenistan, Erick Thohir Singgung Suplai Pemain Senior

Sepak bola | 09 Sep 2023 | 12:52 WIB
Timnas Indonesia Bungkam Turkmenistan, Erick Thohir Singgung Suplai Pemain Senior
Erick Thohir menonton laga Timnas Indonesia vs Turkmenistan secara langsung di stadion.

Uwrite.id - Timnas Indonesia menang atas Turkmenistan dengan skor 2-0 dalam FIFA Matchday bulan September 2023. Usai menonton laga tadi, Erick Thohir menegaskan Timnas Indonesia membutuhkan suplai pemain yang memadai, salah satunya dengan pembinaan pemain sejak usia muda. 

Laga Timnas Indonesia melawan Turkmenistan yang masuk jadwal FIFA Matchday di bulan September 2023. Laga ini akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jumat, 8 September 2023. 

Garuda senior, julukan dari Timnas Indonesia, bermain spartan sejak awal laga. Menit ke-19, Timnas Indonesia membuka keran gol di laga ini. Tendangan “voli” dari Dendy Sulistiawan sukses menjebol jala Turkmenistan. Hingga akhir babak pertama, Timnas Indonesia unggul 1-0 atas Turkmenistan.

Sejak masuk babak kedua, beberapa pemain baru dari kedua kesebalasan ini dimasukkan. Salah satu pemain yang dimasukkan oleh pelatih Shin Tae-yong (STY) adalah Egy Maulana Vikri, menggantikan Dewangga. Turkmenistan pun melakukan beberapa pergantian pemain. 

Selama babak kedua berjalan, Turkmenistan banyak melakukan serangan. Namun, aksi Nadeo Argawinata bisa menyelamatkan jala Timnas Indonesia agar tak kebobolan. Menjelang akhir laga, Egy Maulanan Vikri sukses menambah keunggulan di menit ke-91. Skor 2-0 ini bertahan untuk kemenangan Timnas Indonesia atas Turkmenistan. 

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, ikut menonton laga Timnas Indonesia vs Turkmenistan secara langsung di stadion. Erick Thohir mengakui laga ini berjalan tidak mudah bagi Timnas Turkmenistan. 

"Terus terang pertandingan yang tidak mudah. Bisa jaga keunggulan hampir 90 menit, bahkan cetak gol tambahan saat injury time, dengan lawan yang secara peringkat ada di atas kita, saya harus apresiasi pemain yang bisa meraih tradisi kemenangan lagi," ujar Erick Thohir, dikutip dari laman resmi PSSI.

Walau menang, Erick Thohir memberikan perhatian besar kepada kekuatan Timnas Indonesia. Secara terbuka, Erick Thohir menegaskan suplai pemain kepada Timnas Indonesia harus diperbanyak, salah satunya dengan pembinaan pemain sejak usia muda. 

"Meski menang, laga tadi memberikan pelajaran tentang pentingnya kerapatan generasi pesepakbola kita, terutama untuk mendukung timnas. Karena itu turnamen elite pro untuk suplai timnas, hingga pembinaan di U 17, hingga U 15 sangat penting agar kita bisa membangun timmas yang tangguh. Ini momentum emas untuk memajukan timnas kita ke level di atas SEA Games," lanjut Erick Thohir. 

Pasca laga melawan Turkmenistan, Timnas Indonesia baru kembali bertanding di bulan Oktober 2023 mendatang. Garuda senior direncanakan akan melawan Timnas Brunei Darusalam dalam round pertama babak kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia pada pertengahan bulan Oktober 2023 mendatang.***

Jika anda keberatan dan memiliki bukti atau alasan yang kuat bahwa artikel berita ini tidak sesuai dengan fakta, anda dapat melakukan pengaduan pada tautan ini

Tulis Komentar

0 Komentar