Syarifah Menolak Jalur Perdamaian, Kasus Debi Ceper Lanjut ke Proses Penyidikan

Hukum | 20 Jun 2023 | 13:57 WIB
Syarifah Menolak Jalur Perdamaian, Kasus Debi Ceper Lanjut ke Proses Penyidikan

Uwrite.id - Baru-baru ini beredar informasi bahwa siswi SMP, Syarifah Fadiyah Alkaff menolak mediasi dengan Debi Ceper dan memilih untuk melanjutkan ke pengadilan terkait fitnah dan penghinaan yang ia terima dari Debi Ceper.

Hal tersebut diketahui melalui akun Twitter @PartaiSocmed, akun tersebut mengatakan bahwa hari ini Syarifah tidak menghadiri undangan dari Polda Jambi untuk mediasi dengan Debi Ceper.

"UPDATE!! Hari ini adik Syarifah Fadiyah Alkaff tidak menghadiri undangan dari Polda Jambi karena tidak bersedia dimediasi dan tidak ingin kasusnya dengan Debi Ceper berakhir dengan tanda tangan permintaan maaf diatas materai saja. Dia ingin dilanjut sampai pengadilan!," tulis akun @Partaisosmed, Selasa 20/6/2023.

Rencananya Fadiyah Alkaff akan mengikuti mediasi dengan seorang komedian Debi Ceper, namun Syarifah Fadiyah meminta kasusnya tetap dilanjut ke pengadilan.

Informasi ini juga disampaikan langsung oleh Syarifah Fadiyah usai menjawab yang menghubunginya pada hari Senin 19 Juni 2023 pada waktu malam.

Menurut Syarifah Fadiyah, surat undangan yang disampaikan ke Syarifah Fadiyah tersebut diantar kerumahnya dari Polda pada Senin sore oleh Kanit Siber.

“Tadi Fadiyah bilang ke Kanit-nya tidak datang karena Fadiyah lagi tidak enak badan, demam ini” kata Fadiyah.

Kepada Kanit Siber, Fadiyah juga meminta untuk dilanjutkan ke pengadilan.

“Kan udah ada itu pasalnya, tentang pencemaran nama baik” ungkapnya.

Sebelumnya, akun Twitter @PartaiSocmed juga telah memposting sebuah tulisan yang berisi dimana tanggal 20 Juni Syarifah Fadiyah dipanggil ke Polda Jambi untuk tujuan mediasi dengan Debi Ceper yang telah memfitnah serta menghinanya.

Dalam cuitanya, @Partaisocmed juga mengingatkan kelakukan Debi Ceper yang menghina Syarifah dan menganjurkan untuk dilanjutkan ke pengadilan.

“Mengingatkan kembali tentang kelakuan Debi Ceper, pelawak tidak lucu yg bertransormasi jadi buzzer Walikota Jambi. Mohon dukungan netizen agar Debi Ceper ini menerima konsekwensi dari perbuatannya!!” tulis @Partaisocmed, Kamis, 20/6/2023.

“Mari kita lihat bersama apakah buzzer2 pejabat macam Debi Ceper ini akan dilindungi dan dibantu ketika bermasalah atau akan dilepeh? Jika ada upaya2 melindungi pelawak tidak lucu ini KITA LAWAN!!” tulis @partaisocmed lagi.

Postingan tersebut menuai berbagai macam komentar dari warganet, namun mayoritas nitizen mendukung langkah Syarifah yang menolak mediasi dengan Debi Cepar.

"Dik Syarifah, jika kamu mau berdamai, artinya kamu akan mengecewakan banyak pihak yang selama ini telah mendukung kamu. Jangan mau berdamai ya," tulis @ItsMe_***.

"Saya setuju kasus Debi Ceper ini tetap dilanjutkan sesuai hukum...sekaligus kita uji integritas penegak hukumnya untuk kasus ini," tulis @Iyan_con***.

"Jangan damai ya dek (Syarifah)!! Adek harus tegar dan jangan takut! Kasih pelajaran pada lelaki nyinyir dimana saja agar tidak sembarangan menuduh perempuan. Biasanya lelaki model begini (Debi Cepar) bukan lahir dari rahim seorang ibu tapi dari Dajjal!," tulis @FeyD**.

"Kalau boleh berpendapat, justru sebenarnya kebiasaan memediasi pihak yang bertikai oleh penegak hukum ini malah merusak penegakan hukum itu sendiri. Kepastian hukum malah jadi terlihat lemah, apa-apa dimediasi. Kalau pasal sudah jelas, dasar hukumnya ada ya tinggal diproses saja." tulis @WerryH*****.

"Kenapa harus ada mediasi dan ajakan damai, jika sudah ada pelanggaran hukum," tulis @Joe****.

"Mohon dikawal ya temen mahasiswa dan penggiat medsos, kasus ini agar jangan ditempuh jalan damai karena nantinya semua akan dibuat damai apalagi buat Syarifah yang masih di bawah umur udah dilecehkan harap diberikan semangat untuk melanjutkan kasusnya..ayo3x maju terus pantang kendur," tulis @Newy*****.

Awal Syarifah Fadiyah Melaporkan Debi Ceper

Seperti yang diketahui, netizen pernah digegerkan dengan kasus tuduhan pelecehan yang melibatkan pelawak, Debi Ceper. Ia melakukan komentar yang mengandung pelecehan terhadap seorang siswi SMP di Jambi bernama Syarifah Fadiyah Alkaff.

Tidak terima dengan tuduhan Debi Ceper, Syarifah melaporkan akun Instagram @debiceper23 ke polisi. Lewat akun TikTok miliknya, dengan nama Lawak | Lapor Wak!, Syarifah membeberkan bahwa Debi Ceper telah melecehkannya melalui komentar di Instagram.

"Dengan ini saya melaporkan akun bernama Debi Ceper yang diketahui sebagai seorang influencer dan pelawak Provinsi Jambi. Saya memberikan komentar di salah satu video saya yang diposting oleh media lokal Jambi @infoanakjambi," ungkap Syarifah seperti dikutip dari TribunnewsWiki pada Minggu (4/6/ 2023).

Dalam video tersebut, Syarifah menjelaskan bahwa ia memohon keadilan untuk neneknya yang merupakan seorang veteran pejuang kemerdekaan RI. Rumah dan kesejahteraan neneknya dirusak oleh perusahaan China yang tidak bertanggung jawab. Namun, Debi Ceper justru memberikan komentar yang melecehkan dirinya.

"Debi Ceper berkomentar dengan kata-kata melecehkan, 'pekerjaan apa yang gajinya sehari menghasilkan uang Rp1,3 miliar selain ngangkang?', yang jelas-jelas bermaksud melecehkan saya secara seksual dan memandang saya sebagai pelacur," ucap siswi SMP tersebut.

Dikatakan Syarifah, Debi Ceper juga mempermasalahkan hijab yang ia kenakan sebagai seorang muslimah.

“Saya adalah seorang anak perempuan pelajar SMP di kota Jambi yang baik-baik,” tegasnya.

Syarifah telah melaporkan peristiwa tersebut ke kepolisian Jambi pada tanggal 29 Mei 2023 dan berharap laporannya segera ditindaklanjuti dengan serius.

Tindakan Syarifah melaporkan kejadian ini pun viral di media sosial Twitter dan ia mendapat banyak pujian serta dukungan karena keberanian serta sikap kritisnya. Banyak warganet memberikan dukungan dan apresiasi atas keberanian siswi SMP tersebut.

Salah satu akun twitter yang mendukung keberanian Syarifah adalah @partaisocmed. Melalui cuitannya, @partaisocmed turut memberi dukungan atas tindakan yang dialami Syarifah.

"Setelah kami pertimbangkan baik-baik, akhirnya kami putuskan untuk mendukung perjuangan Adik Syarifah Fadiyah Alkaff, siswi SMP yang heroik melawan perusahaan China dan Pemkot Jambi sampai-sampai dituduh sebagai PELACUR. Kami tidak akan biarkan anak sekecil ini berjuang sendiri! Bagaimana dengan kalian?" tulis @Partaisocmed, Minggu 4 Juni 2023.

Kasus ini menjadi perhatian publik karena melibatkan seorang publik figur yang melakukan sikap yang tidak pantas di dunia maya. Keberanian Syarifah dalam melaporkan peristiwa tersebut diharapkan dapat menghasilkan tindakan hukum yang tepat dan menjadi pembelajaran bagi masyarakat mengenai pentingnya menghormati dan tidak melakukan penghinaan terhadap pribadi orang lain, terutama melalui media sosial.

Jika anda keberatan dan memiliki bukti atau alasan yang kuat bahwa artikel berita ini tidak sesuai dengan fakta, anda dapat melakukan pengaduan pada tautan ini

Tulis Komentar

0 Komentar