Syahrul Yasin Limpo Setelah Tiba, Langsung ke NasDem Tower

Hukum | 05 Oct 2023 | 06:55 WIB
Syahrul Yasin Limpo Setelah Tiba, Langsung ke NasDem Tower
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dipastikan telah mendarat di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Tangerang, Banten, pada malam ini, Rabu, 4 Oktober 2023. Syahrul pun langsung meluncur ke NasDem Tower setibanya dia dari

Uwrite.id - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dipastikan telah mendarat di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Tangerang, Banten, pada malam ini, Rabu, 4 Oktober 2023. Syahrul pun langsung meluncur ke NasDem Tower setibanya dia dari luar negeri.

Mobil Toyota Alphard dengan nomor polisi B 8055 ADT yang dinaiki Syahrul dari bandara tiba di NasDem Tower pada sekitar pukul 19.45 WIB. Akan tetapi mobil tersebut langsung menuju lantai basement dan Syahrul tidak masuk melalui pintu depan kantor DPP NasDem tersebut.

Penjagaan di Kantor DPP NasDem malam ini pun cukup ketat. Beberapa sekuriti berseragam coklat dan seragam hitam dengan baret berlambang partai Nasdem terlihat bersiaga.

Selang beberapa saat, kuasa hukum Syahrul, Febri Diansyah, terlihat tiba di NasDem Tower.

Surya Paloh Kumpulkan Petinggi NasDem

Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh, mengumpulkan sejumlah petinggi partainya untuk membahas soal kasus dugaan korupsi yang menjerat Syahrul malam ini. Sejumlah pengurus Dewan Pimpinan Pusat Partai Nasdem telah hadir di sana. Di antaranya adalah Bendahara Umum Ahmad Sahroni, Sekjen Hermawi F. Taslim, Victor Laiskodat dan Karli Boenjamin.

Menurut Sahroni, partainya akan mengikuti proses hukum yang berlaku terhadap Syahrul. Selain itu, kata Sahroni, pembahasannya hanya tentang mekanisme kedatangan Menteri Pertanian itu dari luar negeri.

“Gimana proses Pak Syahrul datang, lapor Pak Presiden dulu, itu dilakukan,” kata Sahroni.

Selain itu, ketika ditanya apakah ada pembahasan langkah hukum dari Partai NasDem, Sahroni mengatakan saat ini partainya belum bersikap. Sebab, dia menyatakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) belum resmi memberikan keterangan soal status Syahrul.

“Masih normatif,” kata dia.

KPK Jerat Syahrul dan Dua Anak Buahnya

Syahrul terjerat kasus pemerasan dalam jabatan, gratifikasi dan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) oleh KPK. Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud Md, menyatakan telah lama mendengar soal penetapan Syahrul Yasin Limpo sebagai tersangka. Menurut dia, KPK telah lama melakukan gelar perkara penetapan tersangka tersebut.

"Bahwa dia sudah ditetapkan tersangka saya sudah dapat informasi malah sejak kalau eksposenya itu kan sudah lama, tapi resminya ketersangkaannya itu sudah digelarkan lah," kata Mahfud usai acara program pendidikan Lembaga Ketahanan Nasional di Istana Merdeka, Jakarta, pada Rabu, 4 Oktober 2023.

Berdasarkan informasi yang berkembang, KPK sebenarnya telah menetapkan tiga tersangka dalam kasus ini. Selain Syahrul Yasin Limpo, KPK juga telah menetapkan Sekretaris Jenderal Kementan Kasdi Subagyo, dan Direktur Alat Mesin Pertanian Muhammad Hatta sebagai tersangka.

Juru Bicara KPK RI Ali Fikri membenarkan bahwa institusi Anti Rasuah telah menetapkan tersabgak korupsi di Kementan. Namun ia enggan membeberkan identitas tersangka.

"Seluruh proses penanganan akan disampaikan utuh pada saatnya," kata Ali di Jakarta, Kamis, 28 September 2023.

KPK sebelumnya telah menggeledah rumah dinas Syahrul Yasin Limpo di kawasan Widya Chandra, Jakarta Selatan. Dalam penggeledahan itu, KPK menyita uang senilai Rp 30 miliar dan 12 senjata api. Hari ini, penyidik lembaga anti rasuah juga menggeledah rumah pribadi Syahrul dan anaknya di Makassar, Sulawesi Selatan. Dalam penggeledahan itu, tim penyidik membawa pulang dua koper plus satu mobil Audi berwarna hitam. (*)

Jika anda keberatan dan memiliki bukti atau alasan yang kuat bahwa artikel berita ini tidak sesuai dengan fakta, anda dapat melakukan pengaduan pada tautan ini

Tulis Komentar

0 Komentar