Susi Pudjiastuti Sebut Ibu Kandungnya Kenalkan Dia dengan NU

Politik | 04 Aug 2023 | 17:16 WIB
Susi Pudjiastuti Sebut Ibu Kandungnya Kenalkan Dia dengan NU
Susi tatkala berada di kampung halamannya, Pangandaran.

Uwrite.id - Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menyampaikan dari ibu kandungnya ia mulai mengenal NU sejak dini.

Statement itu pernah terlontar pada saat menjelang pagelaran wayang kulit dalam rangka Milad NU ke-95 beberapa waktu lalu.

“Dari ibu (mulai) belajar adat-istiadat serta keagamaan mengikuti (jam'iyah) NU,” ujar Susi.

Susi juga berpandangan bahwa wayang mengingatkannya mengenai cara wali dahulu menyebarkan ajaran Islam di Pulau Jawa.

"Raden Patah mengenalkan Islam bersama wayang, atas tutur kata pewayangan nan bijak dan merangkul seluruh warga tatkala jaman itu, menyebabkan Islam mudah diterima oleh masyarakat," kesan Susi menambahkan.

Wayang merupakan unsur budaya Indonesia. Susi pun mengatakan dalam keyakinan dia, budaya sebagai faktor utama perekat bangsa Indonesia, sebagaimana yang dijunjung Nahdlatul Ulama.

“Kebersamaan antar agama, antar kerukunan, membuat saya percaya bahwa dengan payung besar NU kita mampu menaungi umat beragama di Indonesia tanpa meninggalkan budaya," sambung Susi lagi.

Dengan bercermin pada kisah pewayangan pulalah, Susi sempat mengundang dalang almarhum Ki Entus Susmono berkeliling di pantura guna mensosialisasikan dan mengenalkan kebijakan mengenai kedaulatan bahari, saat ia masih menjabat menteri kelautan dan perikanan.

“Laut yang besar harus kita jaga, laut harus menjadi masa depan bagi kita, bangsa Indonesia. Mari kita menjaga keberlanjutannya dan kedaulatannya,” ungkap tokoh asal Pangandaran, Jabar tersebut.

Dikatakan Susi lagi, keberlanjutan laut merupakan titah Allah. Allah menghendaki manusia hidup untuk arif dalam mengeksploitasi SDA yang tersedia.

“Itulah cara yang benar dalam mensyukuri nikmat dari Allah. Laut Indonesia terpanjang nomor dua di dunia, (dan dikelola dengan) amanah mengikuti pedoman agama, Indonesia nanti akan menjadi bangsa yang hebat,” imbuhnya.

Susi memiliki prinsip bahwa stakeholder bidang perikanan adalah kebanyakan anggota NU. Dan dirinya ternyata telah mengenal NU.

"Saya berterima kasih kepada ibu saya yang telah mengenalkan saya tentang organisasi NU," pungkas Susi.

Jika anda keberatan dan memiliki bukti atau alasan yang kuat bahwa artikel berita ini tidak sesuai dengan fakta, anda dapat melakukan pengaduan pada tautan ini

Tulis Komentar

0 Komentar