Susi Pudjiastuti: Mantan Menteri KKP yang Berhasil Melindungi Laut dan Meraih Banyak Penghargaan Internasional

Politik | 06 Apr 2023 | 20:47 WIB
Susi Pudjiastuti: Mantan Menteri KKP yang Berhasil Melindungi Laut dan Meraih Banyak Penghargaan Internasional

Uwrite.id - Susi Pudjiastuti adalah mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Indonesia yang telah memberikan kontribusi signifikan bagi upaya konservasi laut Indonesia. Selama menjabat sebagai Menteri KKP, ia menerapkan beberapa kebijakan dan inisiatif untuk melindungi sumber daya laut negara, salah satunya menetapkan ukuran tangkapan minimum untuk ikan, melarang penggunaan alat tangkap yang dapat merusak ekosistem laut, menetapkan kawasan konservasi laut, dan menindak praktik penangkapan ikan ilegal. .

Berkat kebijakannya membuat nelayan dari negara-negara tetangga takut dan kapal-kapal pencuri asing di perairan Indonesia menurun drastis sebesar 97,89% dari 6.811 aktivitas pada tahun 2013 menjadi 1.204 aktivitas pada tahun 2015-2018 (sumber: katadata).

Dengan berbagai prestasi inilah nama Susi Pudjiastuti banyak dicintai para nelayan-nelayan Indonesia karena melindungi hasil tangkapan mereka.

Berkat kerja kerasnya melindungi laut Indonesia, Susi Pudjiastuti berhasil mengoleksi segudang penghargaan. Tidak cuma dari dalam negeri tapi juga dari dunia internasional.

Salah satu penghargaan paling menonjol yang dia terima adalah Leaders for a Living Planet Award dari World Wildlife Fund (WWF) pada tahun 2016. Penghargaan tersebut mengakui kontribusinya terhadap pelestarian lingkungan, terutama ekosistem bawah laut untuk pembangunan berkelanjutan.


Dia juga menerima Penghargaan Peter Benchley Ocean, penghargaan maritim tertinggi di dunia pada tahun 2017. Dia diakui atas usahanya untuk meningkatkan kualitas ekosistem bawah laut Indonesia.


Pada tahun yang sama (2017), ia juga memenangkan Penghargaan Seafood Champion dalam kategori Kepemimpinan atas keberhasilan kepemimpinannya dalam meningkatkan kesehatan lautan Indonesia dan memberantas praktik penangkapan ikan ilegal oleh kapal asing.


Susi Pudjiastuti juga tercatat sebagai salah satu dari 100 wanita paling berpengaruh di dunia oleh BBC, penghargaan tersebut diperoleh berkat keberhasilannya mengurangi jumlah kegiatan illegal fishing oleh kapal asing melalui kebijakan inovatifnya menenggelamkan kapal hasil sitaan.


Secara keseluruhan, Susi Pudjiastuti telah memberikan kontribusi yang signifikan terhadap upaya konservasi laut Indonesia, dengan meraih berbagai penghargaan internasional. Selain di luar negeri, Susi juga memiliki segudang penghargaan dari dalam negeri karena segudang prestasinya pada rakyat, bangsa, dan negara.
 

Jika anda keberatan dan memiliki bukti atau alasan yang kuat bahwa artikel berita ini tidak sesuai dengan fakta, anda dapat melakukan pengaduan pada tautan ini

Tulis Komentar

0 Komentar