Surah Yasin Full Arab

Religi | 11 Dec 2023 | 18:59 WIB
Surah Yasin Full Arab
Surah Yasin adalah surah ke-36 dalam Al-Qur'an. Foto/freepik.com/href

Uwrite.id - Surah Yasin adalah salah satu surah dalam Al-Qur'an, tepatnya surah ke-36. Surah ini sering dibaca oleh umat Islam karena dianggap memiliki keutamaan dan keberkahan.

Surah Yasin terdiri dari 83 ayat dan mencakup berbagai tema, termasuk penegasan kenabian, kebangkitan, dan tanda-tanda kebesaran Allah.

Banyak umat Islam membaca Surah Yasin sebagai bentuk ibadah atau dalam konteks doa dan harapan untuk mendapatkan keberkahan.

Berikut Surah Yasin full arab yang bisa Anda baca:

Surah Yasin halaman 1
Surah Yasin halaman 2
Surah Yasin halaman 3
Surah Yasin halaman 4
Surah Yasin halaman 5
Surah Yasin halaman 6

Keutamaan membaca Surah Yasin

1. Membaca surah Yasin dengan rutin diharapkan dapat mengantarkan umat Islam pada terampuninya dosa-dosanya, sesuai dengan hadis riwayat At-Thabrani dan Al-Bayhaqi, dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu: 

“Barang siapa yang membaca surah Yasin pada malam hari dengan mengharap keridaan Allah, maka diampuni dosa-dosanya.”

2. Keutamaan membaca surah Yasin juga diyakini bisa mempermudah segala urusan di dunia, sebagaimana dinyatakan dalam Sunaan Ad-Daarimi juz 2 halaman 549: 

"Barang siapa yang membaca surah Yasin dari pagi hari, maka pekerjaan di hari itu dimudahkan dengan keberhasilan, dan jika membacanya di akhir suatu hari, maka tugasnya hingga pagi hari berikutnya akan dimudahkan juga."

3. Surah Yasin dipercaya bisa meringankan siksa kubur, sehingga banyak orang mengirim doa untuk orang yang sudah meninggal dengan bacaan surah Yasin, sebagaimana dijelaskan dalam tafsir berikut ini: 

“Barang siapa yang mengunjungi makam seseorang dan membacakan surah Yasin, maka pada hari itu, Allah Swt meringankan siksa kubur mereka dan diberikan kebaikan bagi sejumlah penghuni kubur di pekuburan itu.” (Tafsir Nur ats-tsagalayn)

4. Membaca surah Yasin setiap hari diharapkan menjauhkan seseorang dari petaka dan bahaya, dan orang yang rutin membaca Yasin dipermudah sakaratul mautnya dan meninggal dalam keadaan syahid, sesuai dengan hadis riwayat At-Thabrani dari Anas bin Malik: 

"Barang siapa yang membiasakan membaca Yasin setiap malam, maka tanpa terduga, dia menemui ajalnya, maka matinya dalam keadaan syahid." 

Dalam tafsir Al-Qur'an Al-Azhim, disebutkan: 

"Membaca surah Yasin di sisinya mayat akan menurunkan banyak rahmat dan berkah dan memudahkan keluarnya ruh."

5. Membaca surah Yasin juga diyakini sebagai jalan terkabulnya doa-doa, di mana Allah Swt senantiasa akan mengabulkan doa-doa orang yang membaca surah Yasin sepenuhnya dan diulang sebanyak tujuh kali, sesuai dengan hadis yang berbunyi: 

“Barang siapa yang membaca surah Yasin sepenuhnya dan saat mencapai pada ayat 58, surah Yasin tersebut diulang sebanyak 7 kali, maka Allah Swt. akan mempermudah dan mengabulkan hajatnya."

Menulis di Uwrite bisa dapat penghasilan, Investasikan tulisan anda sekarang juga
Daftar di sini

Jika anda keberatan dan memiliki bukti atau alasan yang kuat bahwa artikel berita ini tidak sesuai dengan fakta, anda dapat melakukan pengaduan pada tautan ini

Tulis Komentar