STY Optimis Timnas U-23 Indonesia Lolos ke Piala Asia U-23

Sepak bola | 31 Aug 2023 | 18:15 WIB
STY Optimis Timnas U-23 Indonesia Lolos ke Piala Asia U-23
Persiapan Timnas U-23 Indonesia menghadapi kualifikasi Piala Asia U-23 ( Foto : PSSI).

Uwrite.id - Pasca turnamen Piala AFF U-23, Timnas U-23 Indonesia tengah bersiap menghadapi ajang kualifikasi Piala Asia U-23 2024. Secara terbuka, STY mengklaim peluang Timnas U-23 Indonesia berpeluang besar untuk lolos ke Piala Asia U-23 yang akan digelar di Qatar pada tahun 2024 mendatang. 

Garuda Muda, julukan dari Timnas U-23 Indonesia, menjadi runner-up di Piala AFF U-23 2023 lalu. Pada babak final, anak asuhan Shin Tae-yong ini kalah adu penalti dengan skor 5-6. Kekalahan ini membuat Garuda Muda gagal membawa kembali trofi Piala AFF U-23 setelah sempat meraihnya pada tahun 2019 lalu.

Fokus pada ajang selanjutnya, anak asuhan Shin Tae-yong ini akan bersiap menghadapi ajang lebih besar, yakni kualifikasi Piala Asia U-23. Indonesia sendiri menjadi tuan rumah pada babak kualifikasi Grup K ini, mulai tanggal 6, 9 dan 12 September 2023. Semua laga akan digelar di Stadion Manahan Surakarta. Garuda Muda satu grup dengan Turkmenistan dan China Taipei. 

Secara keseluruhan, babak kualifikasi ini terbagi dalam 11 grup berbeda. Juara dan 4 runner-up terbaik berhak melaju ke Qatar nanti. Sepanjang sejarah ajang Piala Asia U-23 ini digelar, Timnas U-23 Indonesia tak pernah lolos dari babak kualifikasi. 

Pelatih kepala Timnas U-23 Indonesia, Shin Tae-yong atau yang kerap dipanggil STY ini, mengklaim peluang Garuda Muda untuk lolos sangat besar. Faktor utamanya karena Timnas U-23 Indonesia akan bermain dikandang sendiri. 

"Secara teori peluang Indonesia untuk lolos ke Qatar sangat besar. Apalagi kita bermain di kandang sendiri. Mari kita bekerja keras untuk mewujudkan hal itu," ujar Shin Tae-yong, dikutip dari laman resmi PSSI, 31 Agustus 2023. 

STY sendiri sudah memanggil 27 pemain untuk menghadapi babak kualifikasi ini. Tak hanya pemain dari dalam negeri, STY pun memanggil pemain yang berkompetisi di luar negeri. Tercatat, ada nama Pratama Arhan (Tokyo Verdy), Rafael William Struick (Ado Den Haag), Elkan William Tio Baggott (Ipswich Town), Marselino Ferdinan (KMSK Deinze), dan Ivar Jenner (FC Utrecht). 

Pemain lokal yang rutin yang bermain di  Liga 1, juga dipanggi. Tercatat, ada nama Rizky Ridho, Beckham Putra, Ernando, hingga Ramadhan Sananta juga tak lupa dipanggil.***

Jika anda keberatan dan memiliki bukti atau alasan yang kuat bahwa artikel berita ini tidak sesuai dengan fakta, anda dapat melakukan pengaduan pada tautan ini

Tulis Komentar

0 Komentar