Setujui Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On jadi WNI, Hetifah: PSSI dan Pemerintah Harus Perhatikan Catatan dari DPR

Sepak bola | 05 Dec 2023 | 21:01 WIB
Setujui  Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On jadi WNI, Hetifah: PSSI dan Pemerintah Harus Perhatikan Catatan dari DPR
Hetifah selaku pimpinan Komisi X menyetujui Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On jadi WNI. (PSSI.org)

Uwrite.id - Secara resmi, Komisi X DPR menyetujui Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On menjadi WNI melalui proses naturalisasi. Meski menyetujui proses naturalisasi, Hetifah Sjaifudian meminta pihak PSSI dan Pemerintah untuk memperhatikan catatan dari Komisi X DPR soal langkah membangun olahraga Indonesia.

PSSI dan Pemerintah mengajukan dua pemain diaspora, Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On, sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) melalui jalur naturalisasi. Jay dan Nathan kini bermain di Eropa.

Jay Idzes yang bisa bermain sebagai defender atau gelandang bertahan. Jay kini bermain bersama Venezia, klub Serie-B. Sementara itu, Nathan Tjoe-A-On juga berposisi sebagai defender. Nathan Tjoe-A-On bermain bersama klub Championship Inggris, Swansea City.

Setelah melaui rapat pembahasan di Komisi X, pengajuan Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On sebagai WNI mendapat persetujuan.

Pimpinan Komisi X, Hetifah Sjaifudian, mengumumkan Komisi X menyetujui Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On sebagai WNI. Kini, proses naturalisasi Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On tinggal disahkan Kemenkumham.

“Komisi X DPR RI memutuskan menyetujui rekomendasi Kewarganegaraan RI atas nama Jay Noah Idzes dan Nathan Noel Romejo Tjoe-A-On dengan catatan bahwa penetapan Kewarganegaraan RI ditetapkan oleh instansi yang berwenang berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” kata Hetifah Sjaifudian, dikutip dari laman resmi PSSI.

Tak hanya menyetujui Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On jadi WNI, Hetifah meminta Pemerintah dan PSSI  memperhatikan catatan dari Komisi X soal olahraga Indonesia.

"Komisi X DPR RI mendorong Pemerintah dan PSSI agar memperhatikan seluruh catatan dan rekomendasi yang disampaikan oleh pimpinan dan anggota Komisi X DPR RI pada rapat kerja hari ini sebagai langkah untuk membangun prestasi olahraga, khususnya persepakbolaan nasional," sambung Hetifah Sjaifudian.

Timnas Indonesia sedang bersiap menghadapi Piala Asia 2023 Qatar di bulan Januari 2024 mendatang. Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On berpeluang sudah bisa membela Timnas Indonesia di ajang tadi.***

Jika anda keberatan dan memiliki bukti atau alasan yang kuat bahwa artikel berita ini tidak sesuai dengan fakta, anda dapat melakukan pengaduan pada tautan ini

Tulis Komentar

0 Komentar