Sediakan Jasa Legalitas, Begini Cara Mengurus Pendirian PT di PatnerKita.id

Hukum | 21 Sep 2023 | 12:38 WIB
Sediakan Jasa Legalitas, Begini Cara Mengurus Pendirian PT di PatnerKita.id
Ilustrasi Pengurusan Dokumen Pendian PT di Partnerkita.id

Uwrite.id - Indonesia merupakan salah satu negara yang menjunjung tinggi hukum. Hal ini membuat seluruh aspek kehidupan di negara ini didasarkan pada hukum yang berlaku. Salah satu elemen yang menjunjung tinggi hukum yaitu penerapan legalitas perusahaan di bidang tertentu.

Pengertian Legalitas Perusahaan

Legalitas suatu perusahaan merupakan kondisi dimana lingkungan tersebut sudah diakui secara sah oleh negara. Pengesahan ini dilakukan oleh pemerintah berwenang atau pihak terkait pada perusahaan yang telah memenuhi persyaratan dan standar tertentu.

Pengesahan legalitas dari perusahaan berpedoman penuh pada hukum dan peraturan yang berlaku di negara tersebut. Perusahaan sangat membutuhkan legalitas resmi dari instansi atau pemerintah berwenang untuk menjalankan peran sesuai bidang yang ditekuni. 

Hal inilah yang membuat pengusaha berlomba-lomba untuk memenuhi berbagai kriteria agar legalitas perusahaan bisa didapatkan. Perusahaan yang memiliki legalitas mudah mengajukan kerja sama dengan beberapa usaha milik pemerintah maupun swasta.

Bentuk-bentuk Legalitas

Setelah mengetahui pengertian legalitas suatu perusahaan, penting juga bagi seseorang untuk mengetahui bentuk-bentuk dari pengesahan suatu usaha. Berikut ini beberapa bentuk-bentuk legalitas suatu perusahaan yang wajib untuk Anda ketahui:

1. Nama Perusahaan

Suatu perusahaan membutuhkan nama sebagai identitas yang membedakan dengan perusahaan lain. Pembuatan nama biasanya sudah dilakukan sejak awal sebelum perusahaan berdiri. Pengusaha bisa memberikan nama perusahaan sesuai dengan keinginan.

2. Merk Perusahaan

Perusahaan yang bergerak di bidang tertentu juga wajib mempersiapkan tanda tertentu. Hal ini bisa berupa gambar, huruf, kombinasi huruf dan gambar atau unsur lain yang bisa dijadikan patokan untuk membedakan perusahaan dengan lainnya. 

3. Akta Pendirian Perusahaan

Legalitas dari perusahaan akan keluar jika pengusaha sudah mengupayakan akta pendirian sejak awal. Untuk mendapatkan akta pendirian suatu perusahaan, seorang pengusaha harus mengurus melalui jasa notaris. Akta ini biasanya berisi dasar suatu perusahaan.

4. Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)

Pajak merupakan kewajiban yang harus dipenuhi oleh perorangan maupun pemilik usaha. Seorang pengusaha wajib membayar pajak sesuai ketentuan yang telah berlaku. Nantinya pengusaha akan mendapatkan NPWP yang bisa digunakan untuk mengajukan legalitas.

5. Analisis Mengenai Dampak Lingkungan

Pengusaha juga wajib mempunyai dokumen yang memuat analisis dampak perusahaan terhadap lingkungan. Pembuatan dokumen ini telah mengkaji seluruh dampak yang ditimbulkan setelah operasional perusahaan.

Manfaat Legalitas suatu Perusahaan

Pengurusan legalitas suatu perusahaan tentu saja menyimpan banyak manfaat. Bahkan manfaat tersebut bisa dirasakan langsung maupun jangka panjang. Berikut manfaat dari legalitas suatu perusahaan:

1. Bentuk Kepatuhan Terhadap Hukum

Pengurusan legalitas suatu perusahaan memberikan manfaat tersendiri bagi pengusaha. Legalitas tersebut dapat dijadikan sebagai bukti tertulis kepatuhan pengusaha terhadap hukum dan pemerintahan. 

2. Memudahkan Pengembangan Usaha

Manfaat lain pengurusan legalitas yaitu kemudahan pengusaha untuk memperluas usaha yang sedang dijalaninya. Bahkan pengusaha bisa menjalin kerja sama dengan berbagai perusahaan lain baik milik swasta maupun pemerintah jika sudah memiliki dokumen legalitas resmi.

3. Perlindungan Usaha

Legalitas dari perusahaan dapat dijadikan sebagai alat perlindungan atas usaha yang dijalankan. Hal ini memudahkan pengusaha untuk meloloskan diri dari pengecekan pihak berwajib. Manfaat ini tentu saja memberikan kepuasan batin tersendiri bagi pengusaha.

4. Sarana Promosi

Legalitas perusahaan juga bermanfaat sebagai sarana promosi. Sebab perusahaan akan terlihat lebih kredibilitas dan terpercya. Hal ini dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap suatu jasa. Sehingga keberadaan legalitas dapat dijadikan sebagai sarana untuk promosi.

5. Mempermudah Memperoleh Proyek

Apabila Anda bergerak di bidang jasa, maka kesempatan untuk memperoleh banyak proyek semakin besar. Sebab legalitas yang dimiliki oleh usaha Anda dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap perusahaan. Sehingga tidak heran jika izin ini sering dicari oleh pengusaha.

Pentingnya legalitas suatu perusahaan membuat pengusaha wajib mengurus dokumen tersebut. Anda bisa memanfaatkan jasa dari Patnerkita.id untuk mengurus legalitas perusahaan. PatnerKita.id telah melayani 1000 klien. Seluruh klien juga puas atas layanan yang diberikan. 

Cara memesan legalitas di jasa ini terbilang cukup mudah. Bahkan Anda dapat melakukan konsultasi terlebih dahulu sebelum melakukan perizinan. Menariknya lagi, biaya konsultasi gratis.

Jika anda keberatan dan memiliki bukti atau alasan yang kuat bahwa artikel berita ini tidak sesuai dengan fakta, anda dapat melakukan pengaduan pada tautan ini

Tulis Komentar

0 Komentar