Sebagai RS Keempat di IKN Setelah Hermina, Abdi Waluyo dan Mayapada, RS Vertikal Makin Lengkapi Fasilitas Ibu Kota

Kesehatan | 22 Jun 2024 | 06:26 WIB
Sebagai RS Keempat di IKN Setelah Hermina, Abdi Waluyo dan Mayapada, RS Vertikal Makin Lengkapi Fasilitas Ibu Kota
Fasilitas yang disediakan meliputi klinik umum dan eksekutif, Medical Check-Up (MCU), telemedicine, dan juga ruang perawatan intensif.

Uwrite.id - Balikpapan - Pembangunan Ibukota Negara (IKN) baru di Kalimantan Timur terus menunjukkan kemajuan signifikan, salah satunya dengan kehadiran fasilitas kesehatan yang semakin lengkap.

RS Vertikal Kemenkes ini merupakan rumah sakit keempat di IKN, setelah berdirinya RS Hermina, RS Abdi Waluyo, dan RS Mayapada. Presiden Jokowi menjelaskan bahwa proyek pengembangan rumah sakit di IKN akan terus bertambah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

RS Vertikal Kemenkes menjadi satu-satunya rumah sakit milik Pemerintah Pusat di IKN, dengan target konstruksi selesai pada Juli 2024. Rumah sakit ini dirancang setinggi 10 lantai dan memiliki nilai proyek mencapai Rp 550 miliar.

Fasilitas yang ditawarkan cukup lengkap, meliputi 250 tempat tidur yang terbagi dalam berbagai macam kategori, seperti ruang rawat inap VVIP, VIP, kelas standar, isolasi, ICU, ICVCU, ICU Isolasi, SCU, PICU, NICU, HCU, dan Perinatologi.

Dalam upaya memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas, RS Vertikal Kemenkes juga akan dilengkapi dengan tenaga kesehatan berkualitas serta fasilitas mumpuni, termasuk Cath Lab di IGD.

Rumah sakit ini juga berfokus menjadi pusat pelayanan rujukan bertaraf internasional, terutama dalam layanan unggulan jantung dan stroke.

Fasilitas yang disediakan meliputi klinik umum dan eksekutif, Medical Check-Up (MCU), telemedicine, ruang perawatan intensif, ruang operasi hybrid, haemodialisis, dan rehabilitasi medik.

Salah satu keunggulan utama dari RS Vertikal Kemenkes adalah penanganan pasien jantung yang diberikan dalam golden period atau kurang dari 120 menit, untuk memastikan hasil yang optimal.

Penanganan strok akut berbasis waktu juga menjadi prioritas utama, agar pasien mendapatkan perawatan tepat waktu dan hasil yang maksimal.

Selain itu, inovasi teknologi diterapkan dalam setiap layanan untuk menciptakan pelayanan yang efisien dan berkualitas.

Hadirnya RS Vertikal Kemenkes di IKN menjadi langkah nyata dalam upaya menyediakan fasilitas umum yang memadai bagi masyarakat ibukota baru. Dengan pembangunan yang terus digencarkan dan fasilitas kesehatan yang semakin lengkap, IKN diharapkan mampu memberikan layanan kesehatan terbaik bagi warganya. (*)

Menulis di Uwrite bisa dapat penghasilan, Investasikan tulisan anda sekarang juga
Daftar di sini

Jika anda keberatan dan memiliki bukti atau alasan yang kuat bahwa artikel berita ini tidak sesuai dengan fakta, anda dapat melakukan pengaduan pada tautan ini

Tulis Komentar