Ramai Keluarga Petinggi Parpol Maju Jadi Caleg 2024, Hary Tanoe Bawa Istri dan Lima Anaknya

Politik | 22 Aug 2023 | 23:40 WIB
Ramai Keluarga Petinggi Parpol Maju Jadi Caleg 2024, Hary Tanoe Bawa Istri dan Lima Anaknya
Ketua Umum Perindo Hary Tanoesoedibjo bersama Ketua Kartini Perindo Liliana Tanoesoedibjo (istri), dan putri-putrinya Angela Tanoesoedibjo, Valencia Tanoesoedibjo, dan Jessica Tanoesoedibjo, Rabu (17/4/2019).

Uwrite.id - Momentum Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 di Indonesia semakin dekat, para elite politik tidak hanya bersiap untuk bersaing secara politik, tetapi beberapa diantaranya mengajak anggota keluarga mereka untuk maju sebagai calon anggota legislatif (caleg). Sejumlah anggota keluarga dari politikus ternama Indonesia telah mendaftarkan diri sebagai calon anggota legislatif (caleg) Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) pada pemilu mendatang.

Daftar calon anggota legislatif sementara (DCS) yang baru-baru ini dipublikasikan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) terlihat nama-nama anggota keluarga politikus ikut terdaftar memperebutkan kursi DPR. Dalam daftar terlihat beberapa keluarga tokoh penting dari partai-partai di Indonesia.

Salah satu nama yang terdaftar adalah Puan Maharani, putri dari Ketua Umum PDI-Perjuangan, Megawati Soekarnoputri. Puan Maharani akan kembali bertarung di daerah pemilihan (dapil) Jawa Tengah V, yang meliputi wilayah Boyolali, Klaten, Sukoharjo, dan Surakarta, sebagai perwakilan dari PDIP. Selain Puan, putrinya, Diah Pikatan O. Putri Haprani juga tercatat sebagai caleg PDIP di dapil Jawa Tengah VI.

Selain anak dan cucu Megawati Soekarnoputri, putra mantan Presiden Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Edhie Baskoro Yudhoyono, yang akrab disapa Ibas, juga turut ambil bagian dalam pertarungan politik. Ibas akan menjadi caleg dari Partai Demokrat di dapil Jawa Timur VII.

Tidak ketinggalan, Partai Golkar juga mendaftarkan Ravindra Airlangga, putra dari Ketua Umum Golkar, Airlangga Hartarto. Ravindra akan berkompetisi di dapil Jawa Barat I sebagai perwakilan dari Golkar.

Sementara itu, dari Partai NasDem, Prananda Surya Paloh, anak dari Ketua Umum NasDem, Surya Paloh, juga tercatat sebagai calon anggota legislatif DPR dari dapil Sumatera Utara I.

Partai Amanat Nasional (PAN) juga tidak ketinggalan, putri Zulkifli Hasan akan berlaga di dapil Lampung I, serta M Rasyid Rajasa, anak dari Ketua Majelis Penasihat Partai PAN, Hatta Rajasa, akan bertarung di dapil Jawa Barat I.

Tak hanya itu, anak dan istri Ketua Umum Partai Perindo Harry Tanoesoedibjo juga maju sebagai caleg di beberapa dapil, diantaranya Liliana Tanoesoedibjo, lnya Angela Tanoesoedibjo, Valencia Tanoesoedibjo, Jessica Tanoesoedibjo, Haryputra Tanoesoedibjo, dan Clarissa Tanoesoedibjo, masing-masing ditempatkan di dapil Jawa Timur I, DKI Jakarta III, Nusa Tenggara Timur II, Jawa Tengah I, dan Jawa Barat I.

Sedangkan Rahayu Saraswati Djojohadikusumo, keponakan dari Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, akan berkompetisi sebagai caleg DPR dari dapil DKI Jakarta III.

Berikut daftar caleg yang merupakan kelarga petinggi partai poliik:

  •  Puan Maharani (PDIP- Dapil Jawa Tengah V)
  • Diah Pikatan O. Putri Haprani (PDIP dapil Jawa Tengah VI)
  •  Edhie Baskoro Yudhoyono alias Ibas (Demokrat- dapil Jawa Timur VII)
  • Ravindra Airlangga (Golkar- dapil Jawa Barat I)
  • Gavriel P Novanto, putra mantan Ketua Umum Golkar Setya Novanto (Golkar- dapil NTT II)
  • Putri Zulkifli Hasan (PAN- dapil Lampung I)
  • Rasyid Rajasa (PAN- dapil Jawa Barat I)
  • Muhammad Kamil, putra Presiden PKS Ahmad Syaikhu (PKS- caleg DPRD Dapil Kota Bekasi 2)
  • Prananda Surya Paloh (NasDem- dapil Sumatera Utara I)
  • Liliana Tanoesoedibjo (Perindo - dapil DKI Jakarta II)
  • Angela Tanoesoedibjo (Perindo- dapil Jawa Timur I)
  • Valencia Tanoesoedibjo (Perindo- dapil DKI Jakarta III)
  • Jessica Tanoesoedibjo (Perindo- dapil Nusa Tenggara Timur II)
  • Clarissa Tanoesoedibjo (Perindo - dapil Jawa Barat I)
  • Haryputra Tanoesoedibjo ( Perindo - dapil Jawa Tengah I)
  • Yuri Kemal Fadlulah, anak Ketum PBB Yusril Ihza Mahendra (PBB- dapil Kepulauan Bangka Belitung)
  • Rahayu Saraswati Djojohadikusumo (Gerindra- dapil DKI Jakarta III).

Pemilu 2024 di Indonesia sepertinya akan menjadi panggung bagi banyak anggota keluarga petinggi partai poltik, mereka akan berjuang untuk merebut kursi di Dewan Perwakilan Rakyat. Namun, yang menjadi pertanyaan adalah, apakah perwakilan ini akan membawa perubahan nyata bagi negara ini, ataukah hanya sekadar kepentingan politik keluarga semata? Kita akan menyaksikannya dalam waktu yang tidak lama lagi.

Menulis di Uwrite bisa dapat penghasilan, Investasikan tulisan anda sekarang juga
Daftar di sini

Jika anda keberatan dan memiliki bukti atau alasan yang kuat bahwa artikel berita ini tidak sesuai dengan fakta, anda dapat melakukan pengaduan pada tautan ini

Tulis Komentar