PT IMP Sejahterakan Calon Hingga Buruh Migran Rekruitannya sejak dari Masa Training, Bekerja hingga Kembali

Ekonomi | 29 May 2024 | 09:23 WIB
PT IMP Sejahterakan Calon Hingga Buruh Migran Rekruitannya sejak dari Masa Training, Bekerja hingga Kembali
Kepala Cabang PT Indonesia Mapan Perkasa ketika ditemui di kantornya.

Uwrite.id - Di wilayah Cirebon dan sekitarnya, sangat jarang ditemukan perusahaan pengerah tenaga kerja yang bekerja dengan benar-benar terukur dan profesional. Salah satu perusahaan yang konsisten menunjukkan komitmennya dalam hal ini adalah PT Indonesia Mapan Perkasa (PT IMP), yang berlokasi di Kota Cirebon. Perusahaan ini berkutat di bidang perekrutan, penyiapan sumber daya manusia (SDM), dan pemberangkatan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ke Taiwan.

Edi Carkimah, Kepala Cabang PT IMP di Cirebon, membagikan bahwa dirinya pernah menjadi TKI di Taiwan. Pengalaman ini membuatnya sangat memahami situasi dan kebutuhan para calon tenaga kerja migran. "Kami memberikan jaminan pasti keberangkatan," tegas Edi. Tidak hanya itu, PT IMP juga tidak melepas anak asuhnya begitu saja. Selama mereka bekerja di negara tujuan, perusahaan tetap memantau perkembangan mereka.

Di lokasi penampungan calon pekerja yang akan berangkat ke Taiwan, setiap calon tenaga kerja migran (canaker migran) dibekali dengan keterampilan rumah tangga atau teknis ke-ART-an serta pengetahuan bahasa Taiwan. "Kami ingin memastikan mereka siap secara mental dan keterampilan," ujar Edi.

Calon pekerja yang diberangkatkan oleh PT IMP selalu menunjukkan kepuasan tinggi. Laporan terakhir bahkan menunjukkan bahwa banyak canaker migran yang mendapatkan majikan baik dan tunjangan yang memuaskan. Kerjasama PT IMP dengan agen perekrutan di Taiwan pun selalu berjalan dengan baik, memastikan smooth transition bagi para pekerja yang diberangkatkan.

Selama canaker migran berada di penampungan, mereka selalu mendapatkan perhatian khusus. Edi Carkimah menilai bahwa setiap canaker migran yang akan berangkat ke Taiwan tentu membawa berbagai macam problem dari tempat asalnya. Untuk itu, Edi menyampaikan bahwa perusahaannya tidak ingin lagi menambah beban persoalan bagi mereka. Ia ingin di penampungan, seluruh canaker hatinya gembira. Di tambah lagi, yang membuat canaker senang adalah bahwa di penampungan canaker IMP, ditawarkan makanan yang cukup dan berlimpah untuk canaker migran yang masih dalam tahapan training.

Kadang, ada juga canaker migran yang ditemui sedang galau. Pak Edi Carkimah, sebagai Kepala Cabang PT IMP, selalu siap memberikan pencerahan dan jalan keluar secara kebapakan. "Mereka tetap harus dirangkul dan didukung secara emosional," jelasnya.

Menariknya, kesejahteraan canaker migran yang telah kembali tampak semakin membaik. PT IMP  sangat sadar akan hal ini dan terus memantau kondisi para eks-TKI yang pernah bekerja di bawah naungannya. Kesejahteraan mereka yang terus meningkat menjadi salah satu indikator keberhasilan perusahaan dalam memberikan pendampingan yang komprehensif mulai dari masa training, bekerja hingga mereka kembali ke tanah air.

Ditemui di kantornya di bilangan Diponegoro, Cirebon, Edi mengutarakan rasa syukurnya dapat berkontribusi dalam meningkatkan kesejahteraan para tenaga kerja migran. "Ini adalah pekerjaan yang membutuhkan hati. Saya bangga bisa membantu mereka meraih kehidupan yang lebih baik," tutup Edi.

Dengan pendekatan yang humanis dan pelayanan yang menyeluruh, PT MIP memang layak menjadi contoh bagi perusahaan pengerah tenaga kerja lainnya. Keberhasilan perusahaan ini dalam mendampingi canaker migran dari masa training, bekerja, hingga kembali menjadi bukti nyata komitmen dan profesionalisme mereka. (*)

Jika anda keberatan dan memiliki bukti atau alasan yang kuat bahwa artikel berita ini tidak sesuai dengan fakta, anda dapat melakukan pengaduan pada tautan ini

Tulis Komentar

0 Komentar