Propan Raya ICC Turut Gairahkan Sektor Konstruksi di Tanah Air

Ekonomi | 01 Nov 2023 | 14:49 WIB
Propan Raya ICC Turut Gairahkan Sektor Konstruksi di Tanah Air
Booth industri cat atau chemical coating PT Propan Raya ICC, yang berkontribusi menjadi market leader di industri cat Indonesia, tampil di KI 2023, JIExpo Kemayoran.

Uwrite.id - Konstruksi merupakan salah satu sektor yang berkontribusi terhadap terhadap PDB Indonesia. Peran utama industri penunjang komponen bangunan seperti cat tembok serta cat pembatas ruangan juga turut meng-generate sektor konstruksi nasional yang kian bertumbuh. Termasuk di antaranya industri cat atau chemical coating PT Propan Raya ICC, ysng berkontribusi menjadi market leader di industri cat Indonesia.

Ditemui di ajang pameran Konstruksi Indonesia 2023, Kris Rianto Adidarma yang saat ini mengomandani PT Propan Raya ICC, langkah dan visinya berupaya menggerakkan transformasi stratejik bagi korporasi yang berada pada ruang lingkup produk cat atau chemical coating itu.

Di bawah kepemimpinan Kris, sejumlah terobosan dilakukan. Di antaranya, ada kebijakan operasional yang ramah digital dengan pendekatan Industri 4.0 pada segala proses bisnis. Perusahaan (kantor pusat) juga telah membangun interkoneksi dengan kantor cabang, mitra, dan konsumen. Hal ini dimungkinkan dengan implementasi Enterprise Resource Planning (ERP) dari SAP pada tahun 2015 yang bisa menyimpan dan mengelola semua data, mulai dari data produksi hingga data penjualan di seluruh Indonesia.

Pabrik Propan juga telah menggunakan teknologi terbaru yang berasal dari Jerman, bernama Rapid Production System, yang fully-automated dengan robot sehingga menghasilkan produk lebih cepat, konsisten, dan ramah lingkungan. Kris juga mempelopori perusahaan dalam penggunaan teknologi digital untuk mengerjakan percampuran warna secara online, yang disebut dengan Unicolor Tinting System.

Tak hanya di situ. Propan juga memperoleh pemanfaatan sistem berbasis Android untuk mengkustomisasi warna cat, dengan menggunakan formula yang tersimpan di cloud system.

Dengan cara ini, pembeli bisa mendapatkan warna sesuai dengan keinginannya dan penjual/toko bisa dengan mudah membantu mereka menemukan solusi. Saat ini sudah ada 3.500 titik layanan Propan di seluruh Indonesia yang menyediakan layanan ini.

Pada 2023 ini, sektor konstruksi tetap dipastikan memberikan kontribusi positif dan akan mencapai Rp1.124 triliun atau meningkat 5,78 persen, serta menyerap lebih dari 8,7 juta tenaga kerja.

Demi terus mendorong pertumbuhan sektor konstruksi di Indonesia, tahun ini event Konstruksi Indonesia kembali diselenggarakan dengan membawa banyak tema menarik mulai dari BIM hingga IoT.

Sekretaris Direktorat Jenderal Bina Konstruksi, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR) sekaligus Ketua Komite Konstruksi Indonesia 2023 Dewi Chomistriana mengatakan, tujuan utama diselenggarakannya Konstruksi Indonesia dari tahun ke tahun adalah mendorong kemajuan sektor konstruksi.

Dewi menambahkan, Kementerian PUPR begitu bersemangat, karena perhelatan ini kembali hadir dan menjadi tempat mempererat kolaborasi antara pemerintah, pihak swasta, para ahli yang kompeten.

"Tahun ini Konstruksi Indonesia membawakan tema yang menarik "Akselerasi Transformasi Digital Sektor Konstruksi untuk Mewujudkan Pembangunan Infrastruktur Berkelanjutan". Kami berharap pameran ini memperkuat sektor konstruksi dan berkontribusi pada perekonomian,” ujar Dewi. (*)

 

Jika anda keberatan dan memiliki bukti atau alasan yang kuat bahwa artikel berita ini tidak sesuai dengan fakta, anda dapat melakukan pengaduan pada tautan ini

Tulis Komentar

0 Komentar