Profil Susi Pudjiastuti: Dari Bisnis Ikan Hingga Sukses Menjadi Menteri

Politik | 01 Apr 2023 | 03:08 WIB
Profil Susi Pudjiastuti: Dari Bisnis Ikan Hingga Sukses Menjadi Menteri

Uwrite.id - Susi Pudjiastuti yang dikenal sebagai mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Indonesia periode 2014-2019 memiliki perjalanan hidup yang inspiratif. Wanita kelahiran Pangandaran ini memiliki bakat bisnis sejak kecil dan telah menekuni berbagai bisnis sepanjang hidupnya. Selain itu, Susi juga memiliki semangat belajar yang tinggi meski hanya tamatan SMP.

Bisnis pertama Susi dimulai saat ia masih duduk di bangku SMP, yakni bisnis pakaian dan bedcover. Kemudian, dia melanjutkan bisnis jual beli ikan karena hidup di lingkungan nelayan. Susi mengalami kendala pada awalnya karena tak semua restoran mempercayai ikan yang dijualnya. Namun, dia berhasil melewati rintangan tersebut dengan konsistensinya dalam menawarkan dan memilih ikan berkualitas tinggi.

Bisnis jual beli ikan Susi terus berkembang hingga ia mendirikan fasilitas pengolahan ikan PT ASI Pudjiastuti Marine Product. Salah satu produk andalannya adalah lobster dengan merek 'Susi Brand'. Namun, untuk menjaga kualitas ikan segar, Susi memutuskan untuk membeli pesawat pada tahun 2000 dan membangun landasan udara di Pangandaran, Jawa Barat. Ini menjadi awal dari bisnis transportasi 'Susi Air' yang sukses hingga kini.

Tak hanya berhasil dalam bisnis, Susi juga memiliki semangat belajar yang tinggi. Ia mendaftar di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Bina Pandu Mandiri Ciamis untuk mengikuti program Paket C yang setara dengan ijazah SMA. Selama tiga tahun, Susi belajar secara jarak jauh dengan menggunakan modul yang diberikan. Ia berhasil mengerjakan 7 mata pelajaran dan memperoleh nilai tertinggi di mata pelajaran PKN.

Kesuksesan Susi Pudjiastuti sebagai pengusaha dan menteri tidak lepas dari keberanian untuk mengambil dan kecermatannya dalam melihat peluang. Selain itu, ia juga memiliki jiwa sosial yang tinggi dan telah mengambil beberapa kebijakan yang sangat menguntungkan negara dan juga masyarakat kecil.

Kinerja Susi di KKP tergolong cukup bagus dengan keberhasilannya menurunkan penangkapan ikan ilegal hingga 90%, namun gaya kepemimpinannya yang keras, jujur, dan tegas mengancam banyak pihak. Mereka kemudian membentuk sebuah koalisi untuk melawan kebijakan Susi dan akhirnya menggulingkannya dari kursi menteri.

Koalisi yang melawan Susi waktu itu terdiri dari beberapa perusahaan perikanan baik di dalam maupun luar negeri, oknum anggota dewan legislatif, oknum politikus senior, oknum akademisi, hingga beberapa kelompok sipil dan asosiasi perikanan yang merasa terganggu dengan kebijakan - kebijakannya.

Mereka punya alasan yang berbeda untuk menentang Susi, dan hampir semua dari mereka terafiliasi mafia perikanan. Namun, mereka akhirnya menganggap Susi sebagai musuh bersama ketika Susi melarang ekspor benih lobster dan kebijakannya menenggelamkan kapal - kapal asing pencuri ikan di lautan Indonesia demi melindungi nelayan.

Buntutnya, pada pemerintahan Jokowi periode kedua nama Susi Pudjiastuti tidak masuk dalam kabinet kerja dan digantikan oleh Edhy Prabowo yang akhirnya tertangkap KPK karena kasus korupsi.

Perjalanan hidup Susi Pudjiastuti membuktikan bahwa kesuksesan bisa diraih dengan semangat belajar, kerja keras, jujur, berani, dan tekad yang kuat.

Menulis di Uwrite bisa dapat penghasilan, Investasikan tulisan anda sekarang juga
Daftar di sini

Jika anda keberatan dan memiliki bukti atau alasan yang kuat bahwa artikel berita ini tidak sesuai dengan fakta, anda dapat melakukan pengaduan pada tautan ini

Tulis Komentar