Profil Lengkap Jay Idzes, Calon Pemain "Naturalisasi" Timnas Indonesia

Sepak bola | 06 Sep 2023 | 15:25 WIB
Profil Lengkap Jay Idzes, Calon Pemain "Naturalisasi" Timnas Indonesia
Jay Idzes dikabarkan siap membela Timnas Indonesia usai bertemu dengan Erick Thohir.

Uwrite.id - Berita baik disampaikan oleh Erick Thohir soal perkembangan Timnas Indonesia. Erick Thohir mengklaim Jay Idzes berkomitmen membela Timnas Indonesia. Jay Idzes sendiri adalah pemain diaspora Indonesia-Belanda yang kini bermain untuk klub Serie-B Italia, Venezia. 

Jay Idzes lahir pada 2 Juni 2000 di Mierlo, Belanda. Pemain bertinggi 190 cm ini, berposisi sebagai defender. Namun, Jay Idzes disebutkan bisa bermain sebagai gelandang bertahan. 

Lahir di Belanda, Jay Idzes memulai karier sepakbola di berbagai klub Belanda. Jay Idzes sempat masuk PSV Youth di tahun 2014 lalu atau saat berusia 14 tahun. 

Setahun kemudian, Jay Idzes pindah ke VVV U-17 di tahun 2015. Jay Idzes kemudian pindah ke Eindhoven U-17 di tahun 2016. Selama setahun, Jay Idzes berkuta di kompetisi Belanda U-17. 

Jay Idzes promosi ke Eindhoven U-19 di tahun 2017. Tercatat, Jay Idzes  bermain dalam 33 laga di musim 2018/2019. Tercatat, Jay Idzes  bermain sejak menit pertama dalam 25 laga. 

Semusim kemudian, Jay Idzes  promosi ke Eindhoven senior. Bermain di kompetisi kasta kedua Liga Belanda, Jay Idzes bermain dalam 20 laga, 19 laga dimainkan sejak awal laga. 

Jay Idzes kemudian pindah ke sesama klub kasta kedua Liga Belanda, Go Ahead Eagles, dengan transfer sebesar Rp 6 Milyar  di tahun 2020. Selama 3 musim penuh, Jay Idzes bermain di Go Ahead. 

Tiga musim membela Go Ahead Eagles, Jay Idzes bermain dalam 84 laga. Permainan konsisten dari Jay Idzes ini membuat klub Serie-B Italia, Venezia FC, tertarik kepada sang pemain.

Bursa transfer musim panas lalu, Jay Idzes resmi pindah ke Venezia FC dengan transfer kira-kira Rp 13 Milyar. Jay Idzes dikontrak oleh Venezia FC sampai tahun 2027 mendatang. 

Musim ini di Serie-B, Jay Idzes sudah bermain dalam 4 laga. Bahkan, Jay Idzes sudah bermain dalam 360 menit atau 90 menit/laga. 

Kualitas Jay Idzes yang dianggap mumpuni, membuat Erick Thohir selaku Ketua Umum PSSI terlihat antusias menyambut sang pemain. Erick Thohir percaya diri Jay Idzes punya komitmen untuk membela Timnas Indonesia. 

“Selamat datang di Indonesia, Jay Idzes! 🇮🇩 Saat ini Jay bermain di Liga Italia, Venezia. Jay punya komitmen yang sama untuk membangun Timnas menjadi lebih baik. Bersama-sama kita ingin membawa Garuda Mendunia! #KitaGaruda,” tulis Erick Thohir di akun Instagram pribadinya. 

Masih berstatus Warga Negara Belanda, Jay Idzes harus menjalani proses naturalisasi jika berkeinginan membela Timnas Indonesia. Jay Idzes akan mengikuti jejak pemain yang lahir di Belanda macam Kevin Struick, Ivar Jenner hingga Shayne Pattynama yang berganti kewarganegaraan dari Belanda ke Indonesia.***

 

Jika anda keberatan dan memiliki bukti atau alasan yang kuat bahwa artikel berita ini tidak sesuai dengan fakta, anda dapat melakukan pengaduan pada tautan ini

Tulis Komentar

0 Komentar