Prodi PGMI Sukses gelar PKM untuk anak usia dini di Bahrul Ulum, Bintan

Pendidikan | 26 Jul 2024 | 10:24 WIB
Prodi PGMI Sukses gelar PKM untuk anak usia dini di Bahrul Ulum, Bintan
PKM PGMI IAI Miftahul Ulum Tanjungpinang bertema anak usia dini

Uwrite.id - Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAI Miftahul Ulum Tanjungpinang di Raudhatul Athfal Bahrul Ulum, Bintan Timur, bertujuan meningkatkan pendidikan anak usia dini. Kegiatan ini meliputi pelatihan guru tentang metode pengajaran, penyediaan sarana pendidikan, dan pelatihan keterampilan. Mahasiswa berperan sebagai mentor, membantu penyusunan kurikulum kreatif, dan mendampingi metode pembelajaran interaktif. Orang tua juga dilibatkan dalam penyuluhan tentang pentingnya pendidikan anak usia dini dan cara mendukung pembelajaran di rumah.

Kegiatan bimbingan belajar di Raudhatul Athfal Bahrul Ulum sangat relevan bagi masyarakat sekitar. Dengan memberikan tambahan belajar untuk meningkatkan kemampuan membaca, menulis, dan berhitung bagi anak-anak usia TK di luar jam sekolah, kegiatan ini meningkatkan kualitas pendidikan mereka. Keterlibatan aktif orang tua memperkuat keterampilan akademik anak-anak dan membangun hubungan erat antara sekolah dan rumah. Lingkungan belajar yang positif mendukung perkembangan keterampilan sosial dan emosional serta meningkatkan rasa percaya diri anak-anak. Kegiatan ini juga meningkatkan akses pendidikan berkualitas dan memberdayakan sumber daya manusia lokal melalui partisipasi mahasiswa dan dosen.

Peserta, terutama anak-anak usia TK, mengalami peningkatan dalam keterampilan membaca, menulis, dan berhitung. Pengetahuan mereka dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia, Sains, Matematika, dan Pendidikan Agama Islam juga meningkat. Hasil wawancara, tanya jawab, dan pengamatan langsung menunjukkan capaian positif peserta. Tingginya minat dan antusiasme peserta menciptakan lingkungan belajar yang mendukung proses pembelajaran. Dengan pencapaian ini, kegiatan bimbingan belajar diharapkan memberikan dampak positif dalam pendidikan dan pengembangan anak-anak di Raudhatul Athfal Bahrul Ulum.

Melalui kolaborasi dengan masyarakat dan institusi terkait, PkM ini bertujuan menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan berkelanjutan, meningkatkan kualitas pendidikan di Raudhatul Athfal Bahrul Ulum, dan menjadi model bagi institusi pendidikan lainnya.

Menulis di Uwrite bisa dapat penghasilan, Investasikan tulisan anda sekarang juga
Daftar di sini

Jika anda keberatan dan memiliki bukti atau alasan yang kuat bahwa artikel berita ini tidak sesuai dengan fakta, anda dapat melakukan pengaduan pada tautan ini

Tulis Komentar