Prodi PAI IAI Miftahul Ulum Tanjungpinang Laksanakan Pengabdian Masyarakat Seni Tilawah Al-Qur'an

Pendidikan | 26 Jul 2024 | 10:18 WIB
Prodi PAI IAI Miftahul Ulum Tanjungpinang Laksanakan Pengabdian Masyarakat Seni Tilawah Al-Qur'an
PKM pengajaran seni tilawah al-qur'an Prodi PAI IAI MU Tanjungpinang

Uwrite.id - Pengabdian Masyarakat : Seni Tilawah Al-Qur'an oleh Prodi Pendidikan Agama Islam IAI Miftahul Ulum Tanjungpinang

Tanjungpinang, 23 Juli 2024 - Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) dari Institut Agama Islam (IAI) Miftahul Ulum Tanjungpinang  menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat berupa Seni Tilawah Al-Qur'an  yang berlangsung dari Minggu, 5 Mei hingga 21 Juli 2024.

Acara yang berlangsung selama tiga bulan ini dilaksanakan di Masjid Sabilurrosyad Perumahan Alam Tirta Lestari Pinang Kencana KM IX Kecamatan Tanjungpinang Timur yang diikuti oleh 116 santri. Kegiatan dimulai pukul 5 subuh hingga selesai ini  mendapat sambutan positif dari berbagai pihak.

Dekan Fakultas Tarbiyah, Dr. Milasari, M.Pd.I, membuka acara dengan memberikan sambutan. Dalam pidatonya, beliau menyatakan bahwa IAI Miftahul Ulum Tanjungpinang berkomitmen untuk berkontribusi dalam pengabdian kepada masyarakat. Hal ini sejalan dengan visi kampus untuk terus mendekatkan pengetahuan agama Islam dan keterampilan kepada masyarakat.

"Terlaksananya program pengabdian masyarakat ini adalah bentuk komitmen kampus IAI Miftahul Ulum Tanjungpinang untuk terus berkontribusi kepada masyarakat dan sejalan dengan visi kampus kita", ujar Mila.


Kaprodi Pendidikan Agama Islam, Ahmad Fadhil Rizki, M.H., dalam sambutannya menegaskan bahwa Prodi Pendidikan Agama Islam memberikan pengajaran seni tilawah Al-Qur'an sebagai bentuk pengabdian yang nyata. Beliau berharap program ini dapat meningkatkan kemampuan tilawah dan tahfiz masyarakat, khususnya para santri.

"Memberikan pengajaran seni tilawah Al-Qur'an adalah bentuk nyata dari pengabdian masyarakat melalui Prodi PAI, harapannya dapat meningkatkan kemampuan tilawah dan Tahfiz para santri", ucap Fadhil.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh pengurus masjid yang diwakili Ust. Dody Aswan. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan terima kasih atas program pengabdian ini dan berharap kegiatan serupa dapat terus dilakukan di masa mendatang.

Beberapa dosen Prodi PAI juga hadir dalam kegiatan tersebut. Neli Hidayah, MA sebagai dosen yang membimbing  Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) PAI turut serta dalam kegiatan ini. Para mahasiswa memanfaatkan kesempatan ini untuk menerapkan ilmu yang telah mereka pelajari di bangku kuliah secara langsung kepada masyarakat.

Selama tiga bulan berlangsungnya kegiatan, acara diakhiri dengan perlombaan tilawah, tartil dan tahfiz yang diikuti oleh seluruh santri di masjid tersebut. Perlombaan ini menjadi puncak kegiatan yang menunjukkan hasil dari pembelajaran yang telah dilakukan.

Sampai saat ini, IAI Miftahul Ulum Tanjungpinang masih membuka pendaftaran mahasiswa baru untuk tahun ajaran 2024-2025 baik untuk program reguler maupun Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL). Informasi pendaftaran dapat dilihat melalui website kampus IAI Miftahul Ulum Tanjungpinang. (UFH)

Menulis di Uwrite bisa dapat penghasilan, Investasikan tulisan anda sekarang juga
Daftar di sini

Jika anda keberatan dan memiliki bukti atau alasan yang kuat bahwa artikel berita ini tidak sesuai dengan fakta, anda dapat melakukan pengaduan pada tautan ini

Tulis Komentar