Prabowo Teratas di Bumi Pasundan, Survey FIXPOLL Terbaru

Politik | 26 Jul 2023 | 01:46 WIB
Prabowo Teratas di Bumi Pasundan, Survey FIXPOLL Terbaru
Direktur Eksekutif FIXPOLL Indonesia Research and Strategic Consulting Muhammad Anas (tengah), saat memaparkan hasil survey (24/6), di Jakarta

Uwrite.id - FIXPOLL Indonesia Research and Strategic Consulting memaparkan hasil survey terbaru elektabilitas capres menjelang Pilpres 2024, khusus di Propinsi Jawa Barat. Hasilnya, Menteri Pertahanan yang sekaligus pula, Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto meraih elektabilitas paling teratas.

FIXPOLL Indonesia menggelar survey di Propinsi Jawa Barat dalam kurun waktu 15 hingga 23 Juni 2023. Survey dilakukan dengan metode Multistage Random Sampling. Total responden 840 orang; pada margin of error
+/- 3.38 persen, pada tingkat kepercayaan 95.0 persen. Populasi survey meliputi seluruh penduduk Jawa Barat berumur 17 tahun dan/atau telah menikah. Survey dilakukan dengan cara interview secara langsung dan tatap muka. Interview ini memakai kuesioner dan dilakukan oleh interviewer terlatih.

Pada survey, digelar simulasi tiga kandidat capres. Selain Prabowo, terdapat  Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo.

Direktur Eksekutif Fixpoll, Mohammad Anas menyebutkan bahwa Prabowo paling tertinggi dalam elektabilitas, sebesar 38.4 persen. Di bawahnya terdapat Anies 33.7 persen, lalu Ganjar di angka 15.9 persen.

“Pak Prabowo menempati urutan pertama di Jawa Barat. Pak Anies urutan kedua lalu Pak Ganjar di urutan ketiga,” tukas Mohammad Anas, pada release hasil survey FIXPOLL Indonesia, di Hotel Tamarin, Jl Wahid Hasyim, Jakarta Pusat, Senin (24/6).

Dalam keterangannya Anas mengimbuhkan bahwa Prabowo Subianto menunjukkan angka tertinggi perolehan polling pada 13 kabupaten/kota. Besaran persentasenya, yaitu Bekasi 64.0 persen, Bandung 58.3 persen, Cianjur 35 0 persen, Cirebon 32.5 persen, Purwakarta 40.0 persen, Garut 60.0 persen, Sumedang 80.0 persen, Tasikmalaya 40.0 persen, Kota Cimahi 50.0 persen, Kota Depok 42.5 persen, Kota Tasikmalaya 70.0 persen, Kota Sukabumi 70.0 persen, Bandung Barat 50.0 persen, Majalengka 70.0 persen, serta Subang 30.0 persen.

Saat dilakukan simulasi tiga orang calon presiden, Anies tetap berada di ranking ketiga dengan perolehan suara 11.9 persen. Ganjar meningkat ke posisi pertama pada angka 32.1 persen. Sedangkan Prabowo turun ke posisi kedua dengan 31.7 persen. 

Menulis di Uwrite bisa dapat penghasilan, Investasikan tulisan anda sekarang juga
Daftar di sini

Jika anda keberatan dan memiliki bukti atau alasan yang kuat bahwa artikel berita ini tidak sesuai dengan fakta, anda dapat melakukan pengaduan pada tautan ini

Tulis Komentar