Pesan Kebangsaan Haidar Alwi: Merdeka, bersatu, adil dan makmur itu sesuatu yang harus diperjuangkan

Politik | 24 Jun 2023 | 16:40 WIB
Pesan Kebangsaan Haidar Alwi: Merdeka, bersatu, adil dan makmur itu sesuatu yang harus diperjuangkan

Uwrite.id - Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Merdeka, bersatu, adil dan makmur itu sesuatu yang harus diperjuangkan. Tidak hadir tiba tiba dan tidak hadir otomatis.

Sama seperti kebhinekaan. Kebhinekaan, keberagaman itu adalah ciptaan tuhan, tapi persatuan itu di usahakan oleh manusia.

Kebhinekaan itu bukan ciptaan manusia, itu ciptaan tuhan, sunnatullah. karena itu tidak perlu di bangga banggakan karena bukan ciptaan kita.

Tapi bersatu, itu ikhtiar kita. Sama seperti kekayaan alam. Kekayaan alam yang luar biasa ini itu ciptaan tuhan bukan buatan kita. Itu fakta.

Tetapi menjadi adil dan makmur itu usaha kita. Ini yang harus kita garis bawahi. Bahwa kita memiliki kebhinekaan, kita memiliki kekayaan, tapi bersatu, adik dan makmur itu adalah usaha kita. Dan disitulah koperasi mengambil peranan untuk itu. 

Dan kita tahu persis, tadi sambutannya pak Nurdin Halid mengatakan, bahwa pasar bebas ternyata tidak mengantarkan pada keadilan.

Pasar bebas itu mengantarkan pada efisiensi, karena tujuan dari mekanisme pasar adalah mencapai sebuah transaksi yang efisien.

Ada yang transaksi itu membawa modal uang, ada yang membawa bekal tenaga kerja, ada yang membawa bekal sumberdaya alam.

Semuanya masuk dalam sebuah mekanisme pasar dan disitu dicari yang paling efisien, tapi efisien tidak melahirkan keadilan.

Republik ini tidak pernah didirikan untuk efisiensi. Republik ini didirikan untuk keadilan. Tidak ada kalimat untuk efisien, yang ada kalimat untuk keadilan sosial.

Bapak ibu sekalian, persatuan ini sulit dijaga didalam ketimpangan. Coba dicari contoh dimana ada persatuan dalam ketimpangan? Persatuan itu selalu ada hanya mensyaratkan kesetaraan.

Syaratnya persatuan itu keadilan. Kalau kita tidak membangun sistem yang berkeadilan akan sulit sekali membangun persatuan.

Tapi bila ada sistem yang berkeadilan. Sistem yang memberikan kesetaraan dan koperasi bisa melakukan itu.

Insyaallah kita bisa punya persatuan Indonesia terus. Demikian mungkin sambutan dari kami. Kurang lebihnya mohon maaf. 

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

 

Tangerang, 24 Juni 2023

Presiden Haidar Alwi Care

“IR. R. HAIDAR ALWI, MT”

 

Menulis di Uwrite bisa dapat penghasilan, Investasikan tulisan anda sekarang juga
Daftar di sini

Jika anda keberatan dan memiliki bukti atau alasan yang kuat bahwa artikel berita ini tidak sesuai dengan fakta, anda dapat melakukan pengaduan pada tautan ini

Tulis Komentar