Pertama di Indonesia, Partaisocmed Kenalkan Survei Berbasis Blockchain: Menghadirkan Transparansi dan Kepercayaan Publik

Keamanan | 28 Aug 2023 | 07:03 WIB
Pertama di Indonesia, Partaisocmed Kenalkan Survei Berbasis Blockchain: Menghadirkan Transparansi dan Kepercayaan Publik

Uwrite.id - Akun Twitter @PartaiSocmed baru-baru ini telah memperkenalkan platform survei revolusioner bernama Securivotes, yang menggunakan teknologi blockchain untuk mengatasi tantangan dalam lembaga survei saat ini. Menurut keterangan yang disampaikan, teknologi ini menawarkan transparansi dan integritas data serta proses survei yang tidak dapat dimanipulasi. Dengan memanfaatkan blockchain, hasil survei dijamin akurat dan dapat diawasi oleh publik.

"Securivotes adalah teknologi yg menjawab tantangan lembaga survey saat ini. Yaitu transparansi dan integritas data, serta hasil survey yg tidak diragukan karena menggunakan teknologi blockchain yg tidak bisa dimanipulasi hasilnya serta prosesnya dapat diawasi oleh publik," tulis @Partaisocmed, Minggu (27/8/23).

Foto: @Partaisocmed

Lebih lanjut, @Partaisocmed juga menerangkan bahwa Securivotes akan menjawab isu-isu utama dalam survei tradisional, di mana rekrutmen dan validasi responden sering kali kurang akurat dan terkena masalah fraud. Dengan teknologi ini, rekrutmen responden menjadi lebih efisien dan validasi dilakukan secara digital dengan Digital ID untuk setiap individu.

"Metode survey cara tradisional punya potensi masalah yang akan berpengaruh pada hasil survey: 1. Tidak ada jaminan verifikasi yang valid. 2. Potensi fraud dari petugas survey yang tidak melakukan verifikasi dan interview secara benar. 3. Interview lewat telpon tidak memberi waktu yang cukup bagi responden." jelasnya.

Melalui Securivotes, menurut Partaisocmed, responden dapat berpartisipasi dalam survei dan voting blockchain tanpa perlu memahami teknologi blockchain. Hasil survei disimpan dalam blockchain Polygon untuk memastikan transparansi dan keamanan.

"Dengan Securivotes proses rekrutmen responden akan dilakukan secara digital dengan sinkronisasi data kependudukan yang hasilnya adalah Digital ID dimana identik untuk setiap orang," tulis @Partaisocmed.

"Intinya Hidentty akan membuatkan Identitas Digital yang berisi HANYA: Tanda tangan Digital, Daerah Asal, Gender, Tgl Lahir. Sehingga identitas seperti Nama, NIK, alamat, tidak perlu di EXPOSE. Responden bisa memastikan privacy, keabsahan dan keamanan datanya. Selain itu, hasil Voting/Survey akan di simpan didalam block pada blockchain Polygon. dimana alamat Contract-nya akan tertera di masing-masing Voting/Survey." lanjutnya.

Foto: @Partaisocmed

Selain digunakan dalam survei politik, Partaisocmed juga mengatakan, Securivotes dapat diterapkan dalam berbagai bidang seperti survei kepuasan konsumen, riset ilmiah, dan perencanaan kebijakan publik. Dengan potensi untuk menjadi alternatif dalam e-voting pada pemilu dan pilkada, Securivotes menghadirkan era survei yang lebih transparan dan bebas dari manipulasi.

"Securivotes tidak hanya melulu untuk survey politik saja tetapi juga sangat bisa untuk survey2 lain seperti untuk survey kepuasaan konsumen, riset ilmiah, perencanaan kebijakan publik, dll." tulis @Partaisocmed.

"Lebih jauh Securivotes juga bisa dipertimbangkan untuk alternatif e-voting dalam pemilu dan pilkada karena menjawab semua kekhawatiran akan potensi masalah yg bisa terjadi pada e-voting." lanjutnya.

Jika anda keberatan dan memiliki bukti atau alasan yang kuat bahwa artikel berita ini tidak sesuai dengan fakta, anda dapat melakukan pengaduan pada tautan ini

Tulis Komentar

0 Komentar