Peresmian Pojok Baca Dari Mahasiswa KKN-Tematik UNNES Bagi Warga Desa Meteseh

Pendidikan | 07 Jun 2023 | 07:43 WIB
Peresmian Pojok Baca Dari Mahasiswa KKN-Tematik UNNES Bagi Warga Desa Meteseh
 

Program KKN Tematik angkatan 1 yang dilaksanakan oleh mahasiswa Semester 6 Universitas Negeri Semarang program studi pendidikan luar sekolah (PLS), pengabdian kepada masyarakat yang berlangsung di Desa Meteseh , Kecamatan Boja ,Kabupaten Kendal yang bergerak dalam bidang pendidikan desa berkualitas, dan sebagai upaya menumbuhkan minat baca masyarakat Desa Meteseh. Tim KKN Tematik Desa Meteseh dalam perancangan dan juga pelaksanaan program kerja Pojok Baca ini berkolaborasi dengan Pemerintah Desa Meteseh, yang merupakan bagian dari salah satu program kerja kelompok yang ditugaskan oleh Pusat Pengembangan Kuliah Kerja Nyata, LPPM UNNES.

Pojok baca menjadi salah satu solusi kami untuk menjawab dari gap yang temui saat masa observasi di lingkungan masyarakat sekitar. Oleh karena itu, untuk mewujudkan upaya meningkatkan kemampuan literasi dan pemberantasan buta aksara melalui suatu pojok baca. Pemberian nama pojok baca dilakukan dengan berunding dan masing – masing mahasiswa mengemukakan usulan, pendapat serta alasannya mengapa memilih nama tersebut. Pada akhirnya tim KKN-Tematik Desa Meteseh bersepakat memberi nama “Aksara Daksa” untuk pojok baca di Desa Meteseh ini. Aksara Daksa sendiri memiliki makna ahli aksara harapannya  pojok baca ini dapat menjadi tonggak ahli aksara sehingga meminimalisir dan memberantas masyarakat buta aksara di Desa Meteseh.

Hadirnya pojok baca tersebut membantu kebutuhan masyarakat dalam melengkapi sarana belajar mereka mulai dari anak-anak hingga dewasa, khusunya para remaja dan anak-anak yang masih bersekolah sangat membantu mereka dalam proses belajar yang membutuhkan banyak refrensi dari buku yang ada juga tempat yang nyaman dalam kegiatan belajar mereka karena tempat yang cukup strategis berada di balai desa Meteseh di Jalan Krajan Tengah, Meteseh, Kec. Boja, Kabupaten Kendal.

 

Peresmian Perpustakaan desa tersebut dihadiri oleh para tokoh masyarakat, BPD setempat dan pemerintah desa Meteseh, kehadiran pojok baca tersebut sangat membantu masyarakat desa khususnya para remaja, hal ini disampaikan oleh beberapa masyarakat dan tokoh masyarakat Desa Meteseh. Kegiatan peresmian diawali dengan sambutan – sambutan dari Bapak Benu selaku perwakilan dari BPD, laporan ketua panitia yang disampaikan oleh Nilam Cahya, kemudian dilanjutkan dengan sambutan sekaligus peresmian oleh Bapak Sisyanto selaku Kepala Desa Meteseh. Ceremony peresmian dilakukan dengan potong pita lalu dilanjut dengan potong tumpeng dan di akhiri dengan doa bersama sebagai ungkapan syukur kami kepada Tuhan Yang Maha Esa.

 

Pengadaan buku di pojok baca “Aksara Daksa” didapat dengan cara melakukan open donasi buku yang dilakukan mulai dari tanggal 6 April – sekarang berbagai pihak dan instansi masih boleh mengirimkan donasi buku untuk pojok baca “Aksara Daksa”. Pojok baca tersebut memiliki kurang lebih puluhan buku dalam berbagai kategori didalamnya. Pengadaan pojok baca mulai dari pengumpulan buku, pendataan buku, hingga desain perpustakaan dilakukan oleh mahasiswa KKN-Tematik Desa Meteseh sendiri, juga atas bantuan dukungan dari para tokoh masyarakat desa.

Pojok baca tersebut telah resmi kehadirannya tepatnya pada tanggal 3 Mei 2023 hari Rabu, bersamaan dengan bulan pendidikan. Setelah diresmikannya pojok baca “Aksara Daksa” ini pemerintah Desa Meteseh memberi contoh dan sangat antusias dalam memanfaatkan keberadaan pojok baca tersebut dengan mulai membaca beberapa kategori buku yang telah tersedia.

 

Kami mahasiswa KKN-Tematik angkatan 1 bangga membangun Indonesia dari desa, dengan memperhatikan kebutuhan dari masyarakat akan kurangnya sarana pendidikan desa yang variatif. Harapan mahasiswa KKN-Tematik angkatan 1 untuk Desa Meteseh agar unggul, jaya, dan luar biasa dalam segala aspek terutama dalam aspek pendidikan.

Jika anda keberatan dan memiliki bukti atau alasan yang kuat bahwa artikel berita ini tidak sesuai dengan fakta, anda dapat melakukan pengaduan pada tautan ini

Tulis Komentar

0 Komentar