Pengamat Sepenuhnya Percaya, Kaesang Gabung PSI Merupakan Hasil Konsultasi dengan Jokowi

Politik | 23 Sep 2023 | 20:45 WIB
Pengamat Sepenuhnya Percaya, Kaesang Gabung PSI Merupakan Hasil Konsultasi dengan Jokowi
Yang paling menarik adalah Kaesang ke PSI, seolah-olah merupakan sikap politik Jokowi.

Uwrite.id - Pengamat Politik Adi Prayitno menilai adanya restu dari Presiden Joko Widodo dalam keputusan Kaesang Pangarep gabung ke Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Sebagai orang tua, tentunya Jokowi ingin yang terbaik bagi anaknya Kaesang.

"Yang paling menarik adalah Kaesang ke PSI, seolah-olah merupakan sikap politik Jokowi. Tetapi itu tidak bisa dibantah, karena pastinya Kaesang berkonsultasi dengan Jokowi sebagai orang tuanya," ujar Adi Prayitno, di Jakarta, Sabtu (23/09) .

Adi tidak menampik jika gabungnya Kaesang di PSI membuat kecemburuan di partai politik lain. Terutama PDIP, yang menegaskan dalam satu keluarga tidak boleh beda pilihan politik.

Selain itu Adi meyakini dengan bergabungnnya Kaesang, peluang PSI untuk lolos ke Senayan menjadi besar. Sebab menurut Adi, Kaesang merupakan sosok anak muda yang sangat terkenal, jaringan politiknya bagus serta sumber daya politik yang tersedia. Selain itu, bergabungnya Kaesang turut menjadi pembahasan publik yang cukup ramai.

Ramainya pembahasan terkait Kaesang dikarenakan Bapaknya Jokowi dan kakak kandungnya Gibran Rakabuming, merupakan kader PDIP dan Wali Kota Surakarta.

"Saya termasuk orang yang meyakini, kalau PSI itu akan lolos ke Senayan," kata Adi yang juga Direktur Parameter Politik Indonesia tersebut.

Adi menuturkan, hasil Pemilihan legislatif di Tahun 2019, PSI mendapatkan 1,9 persen dari syarat 4 persen untuk ambang batas parlemen.

"Tinggal mencari dua persen, saya kira ada portofolio Kaesang, dan itu sangat mungkin," kata Adi.

Sebelumnya, Putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep resmi menjadi kader Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Kaesang menerima kartu tanda anggota (KTA) PSI dengan nomor anggota S317420230151515.

Penyerahan KTA digelar di kediaman Kaesang di Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Kota Solo, Jawa Tengah, Sabtu.

Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie mengatakan hubungan persahabatan antara PSI dan Kaesang sudah terjalin cukup lama.

"Kami mengapresiasi Mas Kaesang mau turun ikut berjuang bersama teman-teman PSI. Hari ini sebuah kegembiraan bagi kami semua, bisa menyambut anggota baru kami, Mas Kaesang," kata Grace. (*)

 

 

Jika anda keberatan dan memiliki bukti atau alasan yang kuat bahwa artikel berita ini tidak sesuai dengan fakta, anda dapat melakukan pengaduan pada tautan ini

Tulis Komentar

0 Komentar