Pengamat Asing, Liam Pandang Prabowo Sebagai Suksesor Jokowi

Politik | 22 Aug 2023 | 01:24 WIB
Pengamat Asing, Liam Pandang Prabowo Sebagai Suksesor Jokowi
Prabowo merupakan sosok yang berkomitmen penuh untuk melanjutkan program serta kebijakan yang sudah dijalankan oleh Presiden Jokowi.

Uwrite.id - Pengamat Politik Internasional dari Australian National University, Liam Gammon menyebutkan Calon Presiden (Capres) Prabowo Subianto merupakan suksesor Presiden Joko Widodo untuk kepemimpinan Indonesia selanjutnya.

Liam menilai dukungan Presiden Jokowi terhadap Prabowo semakin jelas terlihat jelang akhir masa jabatan.

“Presiden Jokowi melihat adanya keuntungan yang besar jika Prabowo menjadi suksesornya pada Pilpres 2024,” kata Liam Gammon, seperti dilansir dari Channel News Asia.

Liam mengatakan Presiden Jokowi memiliki pengaruh kuat di masyarakat dengan tingkat kepuasan yang mencapai 80 persen. Kendati telah berada di ujung masa jabatan kepresidenan namun pengaruh Presiden Jokowi masih sangat kuat di masyarakat.

Hal ini dimanfaatkan oleh Presiden Jokowi untuk memberikan sinyal kuat kepada masyarakat siapa yang layak untuk menjadi suksesor kepemimpinan Indonesia selanjutnya.

Liam melihat suksesi kepemimpinan Presiden Jokowi ini mengarah kuat kepada Capres Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) Prabowo Subianto.

Kelayakan Prabowo untuk menjadi suksesor Presiden Jokowi juga terlihat dari banyaknya dukungan masyarakat Indonesia. Terbukti Menteri Pertahanan RI ini berhasil unggul dari para pesaingnya yakni Capres PDI Perjuangan Ganjar Pranowo dan Capres Koalisi Perubahan Anies Baswedan dari hasil survei.

Berdasarkan data terbaru yang dikeluarkan oleh Litbang Kompas, jika dilakukan simulasi head to head, Prabowo berhasil mengandaskan Ganjar dan juga Anies.

Bila Prabowo berhadapan dengan Ganjar, Prabowo berhasil memperoleh dukungan sebesar 52,9 persen sedangkan Ganjar hanya mendapat dukungan suara sebanyak 47,1 persen.

Kemudian, jika Prabowo berhadapan secara head to head dengan Anies, Prabowo mampu meraup suara hingga 65,2 persen, sedangkan Anies mengantongi 34,8 persen.

“Prabowo di beberapa lembaga survei terbukti unggul dari Ganjar dan Anies,” ungkap Liam.

Selain memiliki tingkat elektabilitas yang tinggi, Prabowo juga berpeluang besar mendapatkan dukungan dari kalangan pemilih muda pada kontestasi demokrasi mendatang. Pun terdapat perbedaan usia namun Prabowo dikenal dengan sangat baik oleh kelompok pemilih baik dari generasi Z dan juga milenial.

“Meskipun Prabowo berusia 71 tahun, dia 17 tahun lebih tua dibandingkan Ganjar dan 9 tahun lebih tua dibandingkan Jokowi, di beberapa hasil survei Prabowo justru cukup dikenal di kalangan pemilih generasi Z dan milenial berkat nasionalisemenya yang tidak main-main,” ujar Liam.

Terakhir, Prabowo merupakan sosok yang berkomitmen penuh untuk melanjutkan program serta kebijakan yang sudah dijalankan oleh Presiden Jokowi. Mulai dari hilirisasi hingga mengakselerasi pengembangan Ibu Kota Negara, Nusantara.

Di beberapa kesempatan, Prabowo berujar bahwa hilirisasi sangat penting dan mutlak untuk dilanjutkan pada pemerintahan sebelumnya. Ia menegaskan, jika hilirisasi bisa menyejahterakan rakyat Indonesia di masa yang akan datang. (*)

 

Menulis di Uwrite bisa dapat penghasilan, Investasikan tulisan anda sekarang juga
Daftar di sini

Jika anda keberatan dan memiliki bukti atau alasan yang kuat bahwa artikel berita ini tidak sesuai dengan fakta, anda dapat melakukan pengaduan pada tautan ini

Tulis Komentar