Pede Sekali Kontraktor ini Berani Akui Ganti Spek Agregat

Peristiwa | 20 Feb 2024 | 11:09 WIB
Pede Sekali  Kontraktor ini Berani Akui Ganti Spek Agregat

Uwrite.id - Ogan Ilir | Pekerjaan Jalan Simpang Senuro-Senuro Kecamatan Tanjung Batu Kabupaten Ogan Ilir memang telah selesai dikerjakan pada Tahun 2023.

Namun belakangan muncul persoalan dimana saat ini jalan tersebut sudah mengalami kerusakan seperti keretakan distorsi amblas, jembul pada beberapa bagian badan jalan. Kondisi ini diduga akibat mutu kualitas lapisan pondasi tidak sesuai dengan perencanaan.

Lalu siapa kontraktor penyedia pekerjaan jalan tersebut ?

Dari dokumen kontrak, Pekerjaan Jalan Simpang Senuro-Senuro dikerjakan oleh
CV Amaury Construction dengan pagu anggaran senilai Rp 2 Milyar.

Ketua LSM/NGO GAKI Sumsel, Syahrun, SH menjelaskan hasil pekerjaan jalan tersebut diduga tidak maksimal lantaran sudah terdampak kerusakan diduga akibat penyedia mengganti spek agregat dari agregat kelas A ke Agregat Kelas B.

" Diduga kontraktor penyedia mengganti spek agregat dari agregat kelas A ke Agregat kelas B. Hal itu diduga sudah melanggar ketuan RAB dan spesifikasi teknis pekerjaan," kata Syahrun. Senin, 19 Februari 2023.  

Selain daripada itu, Syahrun menduga penyedia mengurangi volume terpasang lapisan resap pengikat atau Prime Coat guna mengeruk keuntungan.

" Hari ini kami meminta kepada pihak Kejaksaan Tinggi untuk menindaklanjuti temuan kami agar harapan masyarakat akan fasilitas jalan yang layak dapat dirasakan," tukasnya dia.

Terpisah, Belum lama ini, oknum Penyedia berinisial BHR saat di konfirmasi mengakui lapisan pondasi jalan berupa agregat kelas B. Bukan agregat kelas A seperti yang tertuang dalam dokumen kontrak.

" Iya lapisan pondasi pakai agregat B. Bukan seperti seharusnya agregat kelas A." Ujarnya singkat. 

Diduga kontraktor meraup keuntungan ratusan juta guna kepentingan pribadi dan memperkaya diri sendiri dari selisih harga lapisan agregat A ke Agregat B. Pun pula dari pekerjaan lapis resap pengikat. (fW)

Menulis di Uwrite bisa dapat penghasilan, Investasikan tulisan anda sekarang juga
Daftar di sini

Jika anda keberatan dan memiliki bukti atau alasan yang kuat bahwa artikel berita ini tidak sesuai dengan fakta, anda dapat melakukan pengaduan pada tautan ini

Tulis Komentar