Tiara Kusuma DPC Ciamis Gelar Pasanggiri Moka Alit dan Remaja

Budaya | 18 Dec 2023 | 10:11 WIB
Tiara Kusuma DPC Ciamis Gelar Pasanggiri Moka Alit dan Remaja
Tiara Kusuma DPC Ciamis menggelar pasanggiri Mojang Jajaka Alit dan Mojang Jajaka Remaja tahun 2023. Foto/ Abid

Uwrite.id - Tiara Kusuma DPC Ciamis menggelar pasanggiri Mojang Jajaka Alit dan Mojang Jajaka Remaja tahun 2023 se Kabupaten Ciamis di Aula Dinas Pendidikan, Minggu (17/12/2023).

Pasanggiri diikuti oleh 50 an peserta pada setiap kategori yang dilombakan mulai tingkat PAUD, SD hingga SMP. Peserta merupakan perwakilan dari 27 kecamatan se Kabupaten Ciamis.

Ketua DPC Tiara Kusuma Kabupaten Ciamis, Nining Ariesta Dewi menyampaikan bahwa kegiatan ini diselenggarakan dengan tujuan untuk menanamkan budaya sunda kepada anak-anak sejak dini, khususnya dalam berkebaya.

"Selain itu, Tiara Kusuma Ciamis juga ingin melestarikan budaya sunda yaitu salah satunya tentang berkebaya," ujarnya.

Pemilik Salon Bintang di Jalan Iwa Kusumasumatri ini juga menyampaikan jika pasanggiri ini merupakan agenda rutin tahunan Tiara Kusuma DPC Ciamis.

Kemudian, ajang ini juga merupakan wadah seleksi untuk menjaring bakat-bakat potensial yang nantinya akan diikut sertakan sebagai perwakilan Ciamis untuk mengikuti pasanggiri di tingkat Provinsi Jawa Barat.

"Di sini kira mencari bibit-bibit yang benar-benar menguasai teknik performance, keserasian berbusana serta wawasan pengetahuan umum," jelasnya.

Hal menarik dari pasanggiri Moka ini adalah adanya kriteria khsusus yang harus dipenuhi oleh setiap peserta terutama dalam penggunaan busana, para peserta harus berbusana sesuai dengan pakem baku untuk pasanggiri Moka.

"Untuk Mojang terutama, model kebaya harus ada bordir benang emasnya terus kebayanya bentuk Dewi Sartika dengan panjang menutupi pinggul, sanggulnya juga sanggul Moka. Kemudian make up juga harus sederhana, pemakaian slop juga ada aturannya. Semua sudah ada pembakuannya, tidak sembarangan," jelas Nining.

Lebih lanjut, Nining menuturkan bahwa kegiatan ini juga sebagai wahana edukasi untuk para anggota Tiara Kusuma DPC Ciamis, khususnya dalam budaya sunda dan cara merias untuk Pasanggiri Moka.

Selepas kegiatan ini, Nining berharap 73 salon dan perias yang tergabung di Tiara Kusuma DPC Ciamis bisa lebih terkait agenda Moka dan berbagai peraturannya.***
 

Jika anda keberatan dan memiliki bukti atau alasan yang kuat bahwa artikel berita ini tidak sesuai dengan fakta, anda dapat melakukan pengaduan pada tautan ini

Tulis Komentar

0 Komentar