Para Penyaji Materi di Pesta Rakyat UMKM untuk Indonesia Berikan Tips-Tips Jitu untuk Daya Tumbuh UMKM

Ekonomi | 22 Jul 2024 | 14:48 WIB
Para Penyaji Materi di Pesta Rakyat UMKM untuk Indonesia Berikan Tips-Tips Jitu untuk Daya Tumbuh UMKM
Pesta Rakyat UMKM yang hari ini, 22 Juli 2024 berlangsung di JCC Senayan. hari ini, dari pukul 14.30 hingga 15.30 WIB.

Uwrite.id - Jakarta - Mengembangkan UMKM membutuhkan langkah-langkah dan strategi yang tepat. Karena banyak UMKM yang berdiri namun usahanya tidak berkembang, mengalami kerugian, dan bahkan berakhir dengan ditutupnya usaha tersebut. Hal ini mengemuka di dalam Diskusi Panel Sesi Kedua: UMKM Maju dengan Digitalisasi Usaha di Conference Room, Pesta Rakyat UMKM yang hari ini, 22 Juli 2024 berlangsung di JCC Senayan, dari pukul 14.30 hingga 15.30 WIB itu.

Mengikuti Beberapa Acara Pameran dan Festival

Mendukung eksistensi dari produk UMKM, bisa dicapai dengan cara ikut serta pada acara pameran atau festival. Dengan Ini produk kita akan dikenalkan kepada masyarakat lebih luas. Pameran dan festival merupakan salah satu tindakan pemasaran yang cukup terjangkau dan bisa mendapatkan lebih banyak manfaat seperti mengenal vendor-vendor yang baru, mengetahui kompetitor-kompetitor bisnis pelaku usaha serta juga mendapatkan calon-calon customer setia kita.

Pilihlah pameran atau festival yang sesuai dengan produk yang dibuat. Contohnya ketika UMKM mempunyai bisnis fashion tentunya mengikuti pameran yang mempunyai tema tentang produk fashion. Apabila pelaku memiliki produk kuliner/makanan khas maka pelaku usaha perlu turut serta pada pameran tentang makanan tradisional.

Survey dan Observasi Tempat yang Berpotensi

Sebuah metode guna mengembangkan usaha oleh salah satu penyaji materi dengan cara membuka cabang usaha di tempat-tempat yang berpotensi terjadi penjualan yang tinggi. Hal itu dimulai dengan meneliti berbagai tempat yang memiliki target pasar.

Selain itu, pelalu usaha diarahkan untuk melakukan survei dan pengamatan lokasi di lokasi yang ingin dibuka. 

Membuat pertanyaan-pertanyaan seperti berapa jumlah calon pembeli yang lewat di tempat itu, berapa banyak orang yang berpeluang akan berbelanja produk pelaku usaha, seberapa mudah akses logistik, dan kebutuhan ketika kita hendak ekspansi membuka cabang di lokasi tersebut.

Dimulai dengan mencari tahu apakah tempat itu membutuhkan produk yang dijual. Langkah ini terbukti efektif untuk lebih mengerucutkan target pasar produk dari pelaku usaha.

Dengan demikian, rangkuman hasil observasi bisa dihimpun dan menjadi bahan pertimbangan apakah tempat itu adalah lokasi yang pas untuk membuka bisnis.

Membangun Relasi Antar Sesama Pengusaha

Menjalankan usaha bukan hanya sekadar berdagang secara perorangan, tetapi juga menambah relasi yang lebih banyak. Semakin banyak relasi, semakin mudah mencari vendor-vendor yang terpercaya. Di samping itu pula dengan kian bertambahnya relasi yang kita punyai akan membuka kesempatan guna memperluas cskupan/coverage bisnis.

Cobalah mengambil inisiatif untuk join di beberapa komunitas yang memiliki tipe usaha yang mirip dengan usaha yang kita miliki. Dengan begitu tentu akan dapat lebih efektif untuk menyerap informasi serba-serbi usaha yang UMKM jalani.

Meningkatkan Mutu Pelayanan

Ini adalah bagian yang tidak kalah pentingnya dalam mengembangkan bisnis UMKM. Ketika kita menerima umpan balik serta saran dari pelanggan, pelaku usaha bisa melakukan perbaikan hal-hal yang pengalaman yang kurang menyenangkan dari pelanggan. Hal ini mampu membuat mutu pelayanan usaha semakin mantap. (*)

Menulis di Uwrite bisa dapat penghasilan, Investasikan tulisan anda sekarang juga
Daftar di sini

Jika anda keberatan dan memiliki bukti atau alasan yang kuat bahwa artikel berita ini tidak sesuai dengan fakta, anda dapat melakukan pengaduan pada tautan ini

Tulis Komentar