PAN Sodorkan Nama Muhadjir jadi Cawapres, Geser Dominasi Erick Thohir

Politik | 29 Aug 2023 | 08:00 WIB
PAN Sodorkan Nama Muhadjir jadi Cawapres, Geser Dominasi Erick Thohir
Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan disaksikan Menko PMK Muhadjir Effendy (kiri) dan Menteri BUMN Erick Thohir (kedua kiri) memberikan sambutan saat perayaan HUT ke-25 PAN di Jakarta, Senin (28/08).

Uwrite.id - Ketua Umum Partai Amanat Nasional Zulkifli Hasan memperkenalkan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy dengan sebutan ‘Cawapres PAN’.

Nama Muhadjir disebut setelah Zulkifli memperkenalkan Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir.  Zulkifli mulanya memperkenalkan jajaran petinggi partai yang hadir dalam agenda tersebut.

Termasuk juga para petinggi partai Koalisi dan tokoh yang hadir dalam agenda itu. Namun, pria yang disapa Zulhas ini sengaja tak langsung mengenalkan Erick Thohir, meskipun para kader telah saling bersahutan meneriakkan 'Erick Thohir - calon wakil presiden'.

"Jadi calon wapres dari PAN? Pak Erick, Gimana? Dan Pak Muhadjir," kata Zulkifli dalam sambutan perayaan HUT PAN ke-25 di Hotel Sultan Jakarta, Senin (28/08) malam yang dihadiri Prabowo Subianto.  

Masuknya nama Muhadjir dalam bursa cawapres yang diusulkan PAN menggeser dominasi Erick Thohir. Sebelumnya dalam berbagai kesempatan Zulhas mengatakan bahwa Erick menjadi cawapres unggulan dari PAN.  

Zulhas menyebut Erick Thohir cocok menjadi calon wakil presiden mendampingi Prabowo karena telah teruji kepemimpinannya. Zulhas pun mengapresiasi kinerja Erick selaku Ketua Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI). Menurutnya, prestasi Timnas Sepakbola Indonesia di tangan Erick Thohir menjadi luar biasa.

Saat ini PAN telah tergabung dalam pendukung Prabowo Subianto menjadi calon presiden pada pilpres 2024 bersama Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Golkar, Partai Gerindra, dan Partai Bulan Bintang. Koalisi yang sebelumnya bernama Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya itu telah berganti menjadi Koalisi Indonesia Maju.  

Pada kesempatan yang sama, Zulhas juga menyinggung kans Ketum PKB Muhaimin Iskandar dan Ketum Golkar Airlangga Hartarto untuk menjadi cawapres Prabowo. Ia meyakini partai koalisi pendukung Prabowo akan mencapai kesepakatan dalam menentukan cawapres.

Menurutnya partai koalisi yang mendukung Prabowo bersaing dalam kebaikan. "Saya yakin dan percaya, pada saatnya kami akan ada momentum yang tepat untuk siapa sepakat nanti wakil beliau," ucap Zulhas.

Peringatan HUT Ke-25 PAN digelar secara terpusat di sebuah hotel berbintang di Jakarta pada 28–29 Agustus 2023. Dalam rangkaian acara HUT, ada kegiatan bimbingan teknis yang diikuti oleh calon anggota legislatif PAN dari Provinsi Aceh sampai Papua.

Dalam acara tersebut itu, Prabowo secara terbuka mengumumkan perubahan nama koalisi. Para ketua umum yang hadir, yaitu Ketua Umum Partai Gerindra sekaligus bakal calon presiden Prabowo Subianto, Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, dan Ketua Umum Partai Bulan Bintang Yusril Ihza Mahendra. (*)

Menulis di Uwrite bisa dapat penghasilan, Investasikan tulisan anda sekarang juga
Daftar di sini

Jika anda keberatan dan memiliki bukti atau alasan yang kuat bahwa artikel berita ini tidak sesuai dengan fakta, anda dapat melakukan pengaduan pada tautan ini

Tulis Komentar