Negara Ini Perlu Para Pemimpin Inovator Perubahan di Tingkat Lokal dan Menasional

Opini | 15 Sep 2023 | 14:40 WIB
Negara Ini Perlu Para Pemimpin Inovator Perubahan di Tingkat Lokal dan Menasional
Tokoh daerah yang diunggulkan menjadi sosok inovator perubahan sangat mungkin muncul di era transformasi yang bersifat agile dan memerlukan strategi adaptif ini.

Uwrite.id - Negeri ini memerlukan banyak Pemimpin Inovator Perubahan, dan dunia juga membutuhkannya. Hal ini jugalah yang menjadi alasan adanya Hari Inovasi setiap 1 November.

Mengingatkan kepada kita betapa pentingnya untuk selalu berpikir inovatif dan kreatif dalam kehidupan sehari-hari.

Seorang Pemimpin Inovator Perubahan dibutuhkan untuk menemukan solusi dari setiap permasalahan serta membawa perubahan yang akhirnya membuat hidup manusia semakin mudah dan menyenangkan.

Terutama dalam berbisnis, sebuah perusahaan menggunakan ide brilian dan pemikiran out of the box dari seorang inovator sebagai dorongan untuk mengembangkan bisnis menjadi lebih maju.

Siapakah Inovator?

Pemimpin Inovator Perubahan adalah seseorang yang memiliki kapasitas untuk mengubah pengetahuan, masalah dan keterampilan menjadi suatu solusi berbentuk kebijakan dan strategi leadership yang sukses.

Outputnya bisa berupa sesuatu yang besar, dikenal dan diakui dunia. Atau berupa sesuatu yang kecil yang pada akhirnya sama-sama membawa ke perubahan positif yang signifikan.

Meskipun 84% jajaran eksekutif mengklaim bahwa inovasi sangat penting untuk strategi pertumbuhan, hanya 6% yang puas dengan kinerja inovasi mereka.

Sulit membayangkan tingkat keberhasilan yang rendah akan ditoleransi oleh pemimpin bisnis mana pun. Salah satu alasannya adalah banyak eksekutif dilatih untuk menjadi manajer dan operator, bukan sebagai inovator.

Terkadang, masyarakat tidak mengenal siapa yang mencetuskan ide dari produk atau layanan inovatif yang sedang mereka gunakan. Yang mereka tahu perusahaan pemilik produk ini merupakan perusahaan inovatif.

Seperti Apa Ciri-ciri Karakter Pemimpin Inovator Perubahan yang Hebat?

Jika Anda ingin perusahaan Anda berjalan lebih inovatif, Anda membutuhkan karakteristik pemimpin yang lebih inovatif dari biasanya.

Apa maksud dari Pemimpin Inovator Perubahan? Yaitu pemimpin yang memiliki kemampuan untuk mengubah konsepsi dan gagasan baru menjadi aset yang akan mengubah cara bertindak mereka dan meningkatkan impact dari kepemimpinan mereka.

Untuk mendidik dan mendukung para Pemimpin Inovator Perubahan, pertama-tama kita harus mengidentifikasi apa yang menjadi ciri khas mereka. Beberapa karakteristik yang diwujudkan oleh pemimpin bisnis inovator adalah sebagai berikut.

1. Menghargai Inovasi Sekecil Apapun

Banyak perusahaan dan bisnis yang nyaman dengan kondisi yang sekarang berjalan.

Tapi, para Pemimpin Inovator Perubahan menyadari bahwa inovasi adalah satu-satunya cara untuk tetap benar-benar kompetitif di pasar.

Seperti yang terjadi ketika ada pandemi Covid-19, semua bisnis yang tadinya nyaman berada di dunia konvensional dan tidak ingin berpaling, sekarang harus menyentuh dunia digital yang sama sekali baru bagi mereka.

Oleh sebab itu, seorang Pemimpin Inovator Perubahan akan selalu menghargai inovasi dan perubahan sekecil apapun dan bersedia membantu orang lain untuk melakukan hal yang sama.

2. Berkepribadian Dinamis dan Open Minded

Pemimpin Inovator Perubahan adalah pemimpin unik yang berkomitmen untuk menciptakan transformasi kultur pemerintahan yang dinamis, sangat produktif serta mempekerjakan orang-orang yang bersemangat dalam tugas dan wewenang mereka.

Dia memberi mereka kesempatan untuk tumbuh; membuat mereka merasa dihargai dan dihormati; dan memberi mereka kejelasan tentang peran dan tanggung jawab mereka di organisasinya.

3. Berani Mengambil Resiko

Para Pemimpin Inovator Perubahan menyadari bahwa mengambil risiko adalah bagian dari membuat penemuan hebat dan memajukan masyarakat. Inovator hebat mendorong orang lain untuk melakukan hal yang sama.

Faktanya, 80% Pemimpin Inovator Perubahan yang hebat mendorong followernya untuk memiliki rasa ingin tahu, dan 76% secara sistematis mendorong pengambilan risiko.

Budaya mengambil risiko berarti mendorong ide-ide baru dan belajar dari kegagalan, melihatnya sebagai kesempatan untuk berkembang daripada sebagai sebuah hukuman.

4. Tidak Pernah Berhenti Belajar

Para Pemimpin Inovator Perubahan memahami bahwa inovasi bukanlah hal yang hanya dilakukan sekali dan mereka sadar bahwa perusahaan baru atau sudah besar juga harus terus-menerus mencapai berinovasi agar tetap kompetitif.

5. Terbuka dengan Ide Baru

Terlalu banyak orang yang merasa bahwa mereka tidak dapat bergerak maju dengan sebuah ide sampai mereka yakin bahwa itu adalah yang terbaik.

Pemimpin Inovator Perubahan yang hebat menyadari bahwa mereka tidak akan tahu ide apa yang layak dikejar sampai mereka mencobanya.

Bahkan, mereka tidak takut dengan ide buruk karena mereka tahu bahwa ide bagus biasanya ada di belakang.

6. Peduli dengan Lingkungan Sekitar dan Menyukai Kolaborasi

Pemimpin Inovator Perubahan memahami inovasi tidak pernah terjadi dalam ruang hampa dan kesendirian. Mereka menghargai, membangun, dan mempertahankan relasi, aset, dan organisasi tim yang aktif.

Alih-alih melihat kolaborasi sebagai tantangan, mereka melihatnya sebagai peluang untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman.

7. Percaya Diri dan Berpikiran Positif

Pemimpin Inovator Perubahan adalah orang yang percaya diri. Mereka tidak takut dengan risiko. Alih-alih takut akan hal yang tidak diketahui, para Pemimpin Inovator Perubahan yakin tentang peluang yang akan datang.

Mereka percaya selalu bisa menemukan solusi dari sebuah permasalahan dalam kondisi apapun dan cenderung memiliki keyakinan yang tidak realistis yang berlebihan.

Namun, mereka tetap paham pentingnya mendengarkan dan menerima saran demi menghindari kesalahan.

Sebagai seorang inovator, Anda harus memiliki sikap positif dan tetap semangat, meski dalam kondisi kurang ideal.

Anda tidak dapat berasumsi bahwa sesuatu tidak akan berhasil hanya karena belum pernah dilakukan seperti itu sebelumnya.

Pemimpin Inovator Perubahan menyadari bahwa jika Anda melakukan apa yang selalu Anda lakukan, Anda mendapatkan apa yang selalu Anda dapatkan. (")

 

Menulis di Uwrite bisa dapat penghasilan, Investasikan tulisan anda sekarang juga
Daftar di sini

Jika anda keberatan dan memiliki bukti atau alasan yang kuat bahwa artikel berita ini tidak sesuai dengan fakta, anda dapat melakukan pengaduan pada tautan ini

Tulis Komentar