NasDem Raih 17 Kursi, Pimpin DPRD Sulsel 2024-2029

Peristiwa | 15 Oct 2024 | 08:57 WIB
NasDem Raih 17 Kursi, Pimpin DPRD Sulsel 2024-2029
Pimpinan DPRD Sulsel masa jabatan 2024-2029 ||facebook

Uwrite.id - Dalam Rapat Paripurna ke-2 DPRD Sulawesi Selatan yang digelar pada Senin, 14 Oktober 2024, Ketua sementara DPRD Provinsi Sulsel, Andi Rachmatika Dewi, secara resmi mengumumkan hasil perolehan kursi partai politik dalam Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024. 

Rapat ini juga diwarnai dengan pembahasan penetapan calon pimpinan DPRD Sulsel untuk masa jabatan 2024-2029. Acara ini dilangsungkan di Gedung DPRD Sulsel.

Dalam sambutannya, Andi Rachmatika Dewi, yang juga menjabat sebagai Ketua DPC NasDem Makassar, mengumumkan bahwa Partai NasDem menjadi partai dengan kursi terbanyak di DPRD Sulsel, mengantongi 17 kursi. 

Sementara itu, Partai Golkar meraih 14 kursi, disusul oleh Gerindra dengan 13 kursi. Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) masing-masing memperoleh 8 kursi.

Ketua sementara DPRD Sulsel juga menyampaikan bahwa pihaknya telah mengirimkan surat kepada seluruh partai politik di tingkat provinsi sejak 26 September 2024, guna meminta pengajuan nama calon pimpinan definitif. 

"Nama-nama calon pimpinan dari tiap partai telah kami terima, dan pengumuman ini disampaikan sesuai dengan peraturan yang tertuang dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah," kata Andi Rachmatika Dewi.

Nama-nama calon pimpinan DPRD Sulsel yang telah ditetapkan akan segera diajukan kepada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), guna menjalani prosesi pengucapan sumpah jabatan dalam rapat paripurna mendatang. Di sisi lain, masing-masing fraksi di DPRD Sulsel telah menyerahkan nama-nama Ketua Fraksi yang ditunjuk oleh partai politik mereka.

Wakil Ketua sementara DPRD Sulsel, Rahman Pina, kemudian mengumumkan susunan calon pimpinan DPRD Sulsel periode 2024-2029 yang diatur berdasarkan ketentuan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 dan Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2018.

Adapun susunan pimpinan DPRD Sulsel yang telah ditetapkan adalah sebagai berikut:
- Ketua DPRD: Andi Rachmatika Dewi (NasDem)
- Wakil Ketua: Rahman Pina (Golkar)
- Wakil Ketua: Yasir Mahmud (Gerindra)
- Wakil Ketua: Sufriadi Arif (PPP)
- Wakil Ketua: Fauzi Andi Wawo (PKB)

Selain itu, para Ketua Fraksi yang akan memimpin di DPRD Sulsel periode 2024-2029 antara lain:
- Ketua Fraksi NasDem: Muhammad Sadar
- Ketua Fraksi Golkar: Lukman B Kady
- Ketua Fraksi Gerindra: Fadel Muhammad Tauphan Ansar
- Ketua Fraksi PPP: Saharuddin
- Ketua Fraksi PKB: Zulfikar Limolang
- Ketua Fraksi PDIP: Alimuddin
- Ketua Fraksi PKS: Mallarangan Tutu
- Ketua Fraksi Demokrat: Fadriyati
- Ketua Fraksi Hanura-PAN (Harapan): Irfan AB

Dengan struktur baru ini, DPRD Sulsel siap menjalankan fungsinya dalam periode 2024-2029, di mana para pimpinan dan fraksi diharapkan dapat berperan aktif dalam mendorong pembangunan dan kesejahteraan bagi seluruh masyarakat Sulawesi Selatan. ***

Menulis di Uwrite bisa dapat penghasilan, Investasikan tulisan anda sekarang juga
Daftar di sini

Jika anda keberatan dan memiliki bukti atau alasan yang kuat bahwa artikel berita ini tidak sesuai dengan fakta, anda dapat melakukan pengaduan pada tautan ini

Tulis Komentar