Nasdem Menilai Susi Pudjiastuti Penuhi Syarat Menjadi Cawapres Anies Baswedan di Pilpres 2024

Politik | 25 Jul 2023 | 16:45 WIB
Nasdem Menilai Susi Pudjiastuti Penuhi Syarat Menjadi Cawapres Anies Baswedan di Pilpres 2024
Calon Presiden dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan Anies Baswedan mengunjungi Susi Pudjiastuti di Pangandaran, Senin, 24 Juli 2023.

Uwrite.id - Partai Nasional Demokrat (NasDem) menyatakan bahwa mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, telah memenuhi syarat untuk menjadi bakal calon wakil presiden (cawapres) pendamping Anies Baswedan dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Pernyataan ini disampaikan oleh Sekretaris Jenderal Partai NasDem, Hermawi Taslim, yang menilai Susi memiliki kualifikasi yang tepat untuk peran tersebut.

Menurut Hermawi, beberapa kriteria penting telah dipertimbangkan dalam menilai Susi sebagai calon cawapres Anies. Diantaranya, kriteria tersebut mencakup syarat bebas dari kasus hukum serta memiliki pengalaman yang cukup dalam dunia pemerintahan.

"Nah, dari kriteria itu seyogianya Susi memenuhi syarat untuk jadi salah satu kandidat," ujar Hermawi, dikutip dari CNNIndonesia.com pada Selasa (25/7/23).

Hermawi berpendapat bahwa keduanya, yakni Anies dan Susi, adalah sosok negarawan yang memiliki idealisme. Selain pernah menjabat sebagai menteri di kabinet Presiden Jokowi pada periode pertama, Anies dan Susi juga dikenal dekat dengan rakyat kecil.

"Keduanya juga mempunyai persamaan yang sama-sama komunikatif dengan rakyat kecil dan senantiasa mengimpikan perubahan ke arah yang lebih baik dari negeri ini," tambahnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai NasDem, Charles Meikyansyah, meyakini bahwa dalam pertemuan tersebut, Anies dan Susi juga membahas dinamika pilpres. Namun, Charles menyatakan bahwa hanya Anies yang mengetahui apakah Susi masuk dalam daftar calon cawapres yang dipertimbangkan.

Charles tak menampik popularitas Susi sebagai seorang figur publik yang memiliki daya tarik tersendiri.

"Pembahasan soal pemimpin 2024 pasti ada. Apakah bu Susi masuk dalam radar pendamping Pak Anies, itu hak sepenuhnya Pak Anies mencari pendampingnya. Bu Susi menarik sekali di mata publik," ungkapnya.

Sebelumnya, bakal calon presiden dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan, Anies Baswedan, melakukan kunjungan ke Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, pada Senin (24/7/23). Dalam kunjungannya yang berlangsung hangat, Anies juga bermalam di rumah sekaligus markas mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti.

Pada kunjungan tersebut, Anies tiba di Pangandaran dengan mengenakan kemeja yang dipadu dengan rompi berwarna biru. Sementara itu, Susi terlihat cantik dengan setelan bercorak bunga yang penuh warna, memberikan kesan ceria dan ramah kepada tamunya.

Kediaman Susi Pudjiastuti di Pangandaran baru-baru ini tengah menjadi sorotan dengan kunjungan tiga tokoh nasional. Ketiga tokoh tersebut adalah Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, kemudian Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan, dan hari ini giliran Anies Baswedan.

Apa yang mereka bicarakan dalam kunjungan tersebut belum diketahui secara pasti. Namun, Prabowo Subianto dan Anies Baswedan merupakan sosok yang digadang-gadang sebagai kandidat calon presiden dalam Pilpres 2024. Kunjungan mereka ke Pangandaran tentu menimbulkan spekulasi dan perbincangan di berbagai kalangan.

Menulis di Uwrite bisa dapat penghasilan, Investasikan tulisan anda sekarang juga
Daftar di sini

Jika anda keberatan dan memiliki bukti atau alasan yang kuat bahwa artikel berita ini tidak sesuai dengan fakta, anda dapat melakukan pengaduan pada tautan ini

Tulis Komentar