Multiverse Dalam Perspektif Sains

Sains | 28 Feb 2023 | 15:16 WIB
Multiverse Dalam Perspektif Sains
Gambar ilustrasi

Uwrite.id - Sering kita jumpai dalam film-film fiksi ilmiah yang mengangkat tema tentang teori Multiverse, tema yang jika diangkat ke sebuah film selalu bisa menghasilkan alur cerita yang menarik, seperti di film-film Marvel.

Lantas bagaimana teori Multiverse dalam perspektif sains ? bisakah dibuktikan kebenaran teori ini ? berikut kami rangkumkan tentang teori ini:

Multiverse adalah teori yang menyatakan bahwa kita hidup di dalam sebuah alam semesta yang lebih besar, yang terdiri dari banyak alam semesta atau "universum" yang berbeda-beda. Konsep ini didasarkan pada ide bahwa alam semesta kita tidaklah satu-satunya alam semesta yang ada, melainkan mungkin ada alam semesta lain yang berbeda dengan yang kita alami saat ini.

Terdapat beberapa teori tentang multiverse, diantaranya:

Multiverse Inflasi: teori ini menyatakan bahwa alam semesta kita terus berkembang secara eksponensial, sehingga terdapat banyak "kantong kosong" di alam semesta yang kosong atau memiliki energi rendah. Dalam teori ini, masing-masing "kantong kosong" tersebut bisa menjadi alam semesta yang berbeda, dengan hukum fisika yang berbeda pula.

Many-Worlds Interpretation: teori ini menyatakan bahwa setiap kali terjadi pilihan atau keputusan di alam semesta kita, maka terdapat realitas alternatif yang terjadi karena setiap kemungkinan yang mungkin terjadi telah terwujud dalam realitas yang berbeda.

Teori Dimensi Ekstra: teori ini menyatakan bahwa terdapat dimensi-dimensi lain selain tiga dimensi ruang dan satu dimensi waktu yang kita alami saat ini. Dalam teori ini, terdapat kemungkinan bahwa dimensi-dimensi tersebut bisa menjadi tempat bagi alam semesta yang berbeda.

Meskipun masih menjadi teori, namun konsep multiverse ini menarik perhatian para ilmuwan dan banyak yang terus melakukan penelitian untuk membuktikan atau membantah keberadaannya.

Menulis di Uwrite bisa dapat penghasilan, Investasikan tulisan anda sekarang juga
Daftar di sini

Jika anda keberatan dan memiliki bukti atau alasan yang kuat bahwa artikel berita ini tidak sesuai dengan fakta, anda dapat melakukan pengaduan pada tautan ini

Tulis Komentar