Menkominfo Baru Budi Arie Setiadi Mau Bikin Tim Pengawas Medsos

Hukum | 18 Jul 2023 | 10:30 WIB
Menkominfo Baru Budi Arie Setiadi Mau Bikin Tim Pengawas Medsos
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi (kiri) dan Menko Polhukam Mahfud MD usai dilantik sebagai menteri di Istana Negara, Jakarta, Senin (17/7/2023). (Foto: ANTARA)

Uwrite.id - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) yang baru dilantik, Budi Arie Setiadi, membuka peluang untuk membentuk lembaga pengawas media sosial (medsos).

Dalam pernyataannya, Budi Arie menegaskan bahwa saat ini hanya ada Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) yang bertugas mengawasi konten penyiaran di televisi dan radio. Namun, belum ada lembaga atau tim yang secara khusus mengawasi media sosial seperti Facebook dan TikTok.

"Sekarang konten-konten yang meresahkan itu 'kan bentuknya macam-macam, karena teknologi itu 'kan berkembang," kata Budi Arie, dikutip dari Kumparan, Senin (17/7/23).

"Dan mungkin pada waktunya kita akan perlu pengawas socmed (social media), siber, untuk mengawasi konten-konten socmed," lanjutnya.

Budi Arie juga menekankan pentingnya inovasi dan perkembangan Kominfo mengikuti kemajuan teknologi. Ia berharap Kominfo dapat menciptakan pendekatan yang lebih antisipatif dalam penanganan konten medsos.

Pengendalian platform yang dianggap meresahkan masyarakat dianggap sebagai tugas dan tanggung jawab Kominfo. Mengingat Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 semakin dekat, Kominfo dihadapkan pada tuntutan untuk menjaga dunia maya tetap kondusif dan bebas dari konten negatif seperti informasi palsu atau hoaks.

"Nanti soal caranya apa, sabar, ya. Suasana 'kan belum panas sekarang, tenang saja, tapi kita persiapkanlah supaya narasi pemilu (2024) damai bisa terwujud," kata Budi Arie.

Budi Arie dilantik menjadi Menkominfo oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta, Senin (17/7). Selain Menkominfo, Jokowi juga menunjuk sejumlah wakil menteri baru, salah satunya Nezar Patria yang menjadi Wakil Menteri Kominfo. Keduanya menjabat hingga 2024.

 

 

Jika anda keberatan dan memiliki bukti atau alasan yang kuat bahwa artikel berita ini tidak sesuai dengan fakta, anda dapat melakukan pengaduan pada tautan ini

Tulis Komentar

0 Komentar