Mengulik Manfaat Nasi Thiwul: Alternatif Sehat Pengganti Nasi dengan Kandungan Gizi Tinggi

Kuliner | 30 Nov 2023 | 11:02 WIB
Mengulik Manfaat Nasi Thiwul: Alternatif Sehat Pengganti Nasi dengan Kandungan Gizi Tinggi

Uwrite.id - Bagi generasi muda terutama generasi Z, mungkin nama "nasi thiwul" terdengar asing. Makanan khas dari Pracimantoro, Wonogiri, Jawa Tengah ini terbuat dari ketela pohon atau singkong. Meski terlihat sederhana, thiwul memiliki beragam manfaat untuk kesehatan namun belum banyak yang menyadarinya.

Thiwul, dahulu kala merupakan makanan pengganti nasi di Wonogiri, tapi kini keberadaannya semakin tersisih. Nasi putih telah menggantikan peran utamanya. Lalu apa sebenarnya thiwul?

**Apa Itu Thiwul?**
Thiwul atau tiwul adalah makanan dari gaplek, berasal dari ketela pohon atau singkong yang dikeringkan. Meski kandungan kalorinya lebih rendah dari beras, thiwul dapat menjadi alternatif makanan pengganti beras.

Di era modern, nasi tiwul menjadi menu istimewa dan mengalami transformasi menjadi hidangan modern. Upaya ini dilakukan untuk menjadikan nasi thiwul sebagai salah satu kuliner khas Jawa Tengah, khususnya di Wonogiri.

**Kandungan Gizi dan Nutrisi pada Nasi Thiwul**
Beberapa peneliti mengatakan bahwa thiwul kaya akan gizi dan nutrisi, serta memberikan dampak positif pada kesehatan. Berdasarkan penelitian untuk setiap 100 gram thiwul, terdapat:

- Energi: 342 kkal
- Protein: 2.3 gr
- Lemak: 0.1 gr
- Karbohidrat: 38.1 gr
- Kalsium: 27 mg
- Fosfor: 61 mg
- Zat Besi: 7.6 mg
- Vitamin A: 0 IU
- Vitamin B1: 0.06 mg
- Vitamin C: 0 mg

**Khasiat Tiwul yang Belum Banyak Diketahui**
Jangan remehkan thiwul, karena terdapat beragam manfaat yang sayangnya belum banyak diketahui. Beberapa di antaranya:

- **Kalori Besar**: Singkong sebagai bahan utama thiwul memiliki kalori dua kali lipat dibanding kentang, cocok untuk energi ekstra.
- **Vitamin B Kompleks**: Kaya akan vitamin B kompleks, membantu pertumbuhan tubuh dan produksi sel darah merah.
- **Protein Tinggi**: Mengandung protein tinggi, cocok untuk melatih daya tahan otot.
- **Mineral Penting**: Kandungan mineral seperti seng, tembaga, magnesium, dan besi, serta kalium yang mencukupi kebutuhan harian.
- **Obat Berbagai Penyakit**: Dapat digunakan sebagai obat untuk berbagai penyakit seperti reumatik, diare, demam, sakit kepala, cacingan, dan meningkatkan stamina.

Selain itu, thiwul juga cocok untuk diet sehat karena tinggi karbohidrat, kaya serat untuk pencernaan, dan sebagai sumber energi berkat asam butirat di dalamnya.

Meski memiliki banyak manfaat, sayangnya, masih banyak yang belum mengenal thiwul. Semoga, informasi ini dapat meningkatkan pemahaman tentang kesehatan dan kelezatan thiwul.

Jika anda keberatan dan memiliki bukti atau alasan yang kuat bahwa artikel berita ini tidak sesuai dengan fakta, anda dapat melakukan pengaduan pada tautan ini

Tulis Komentar

0 Komentar