Menginap 2 Malam Habiskan Rp27 Juta, Pejabat Pemprov DKI Diminta Klarifikasi

Politik | 06 Apr 2023 | 23:29 WIB
Menginap 2 Malam Habiskan Rp27 Juta, Pejabat Pemprov DKI Diminta Klarifikasi

Uwrite.id - Aksi pamer atau flexing anak pejabat di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta kembali terjadi. Kali ini dilakukan keluarga pejabat Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman.

Akun Twitter @PartaiSocmed kembali mengungkapkan aksi memamerkan kekayaan di media sosial yang dilakukan anak dari Kepala Seksi Peningkatan Kualitas Perumahan dan Kawasan Permukiman Suku Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Jakarta Utara (PRKP) Selvy Mandagi.

Sang anak kedapatan memamerkan bukti pembayaran menginap di sebuah hotel mewah dan terkenal di pusat kota Jakarta dengan harga Rp27 juta untuk dua malam.

Akun itu pun mengunggah potret anak Selvy yang tengah pamer membeli mobil karena iseng. Tak hanya itu, beredar juga foto Selvy yang mengenakan aksesori tas dan sepatu bermerek Gucci hingga puluhan juta rupiah, serta foto Selvy usai belanja di luar negeri.

Menurut pemilik akun @PartaiSocmed, data invoice iti bukan berasal dari karyawan hotel tersebut tapi memang dibagikan sendiri di media sosial oleh anak sang pejabat.

Menanggapi hal itu, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengungkapkan sudah melaporkan yang bersangkutan kepada Inspektorat untuk diminta penjelasan lebih lanjut.

"Ya sudah saya sampaikan ke Inspektorat untuk suruh klarifikasi. Bukan diperiksa, tetapi ditanya," kata Heru di Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Rabu, 5 April 2023, dikutip dari laman merdeka.com.

Berdasarkan laman elhkpn.kpk.go.id, Selvy terakhir melaporkan kekayaannya pada 31 Desember 2021. Ia memiliki harta sebesar Rp6,4 miliar atau Rp6.471.500.000. Dengan rincian, tanah dan bangunan yang terletak di kawasan Kota Karawang dengan luas 60 m2/21 m2 senilai Rp100 juta. Kemudian, tanah dan bangunan seluas 35 m2/35 m2 di Kota Jakarta Utara senilai Rp450 juta.p

"Tanah seluas 1540 m2 di Kota Minahasa senilai Rp750 juta, yang dibeli dengan hasil sendiri," demikian dikutip dari laman elhkpn.kpk.go.id.

Selvy tercatat memiliki tanah dan bangunan seluas 202 m2/210 m2 di Kota Jakarta Utara senilai Rp2.750.000.000. Dia juga mempunyai tanah dan bangunan seluas 9 m2/69 m2 di Kota Jakarta Utara senilai Rp1,3 miliar.

Selvy juga memiliki mobil dengan merek Mitsubishi Pajero Sport tahun 2011 senilai Rp250 juta. Motor merek Honda tahun 2010 senilai Rp3 juta. Sementara harta bergerak lainnya senilai Rp728.500.000. Lalu kas dan setara kas Rp140.000.000. Selvy juga tercatat mempunyai harta lainnya Rp200.000.000. Namun, ia memiliki hutang senilai Rp200 juta.

Dalam beberapa tahun terakhir, memang harta Selvy mengalami kenaikan. Pada 2015, Selvy memiliki harta Rp3,4 miliar, pada 2017 sebesar Rp4,1 miliar, tahun 2018 sebesar 4,6 miliar, 2019 sebesar Rp5,6 miliar, dan pada 2020 sebesar Rp6,3 miliar.

Sebelum aksi anak dari Selvy Mandagi viral, mencuat terlebih dahulu aksi pamer kekayaan dari istri dan anak pejabat Dinas Perhubungan (Dishub) Massdes Arouffy.

Anak dan istri Massdes kerap tampil memamerkan beragam tas mewah ternama mulai dari merek Hermes, Gucci, Louis Vuitton, Balenciaga hingga Dior. Inspektur DKI Jakarta Syaefuloh Hidayat mengatakan bahwa pihaknya masih membutuhkan bukti yang kuat untuk menentukan sikap lebih lanjut terkait Massdes.

"Masih berproses. Sedang dicoba ditelusuri secara independen dan profesional. InsyaAllah nanti mudah-mudahan hasilnya sebaik dan seobjektif mungkin," kata Syaefuloh kepada wartawan di Gedung DPRD DKI Jakarta, Senin, 3 April 2023.

Hal itu juga berawal dari unggahan akun Twitter @PartaiSocmed yang membocorkan sejumlah potret istri Massdes Arouffy saat tengah menenteng tas mewah.

"Tebak harga tas (abaikan kalungnya)," tulis akun @partaisocmed dalam cuitannya.Tas yang ditunjukkan dalam foto itu terlihat berwarna biru dan putih. Dari model bagian depan, tas tersebut diduga kuat merupakan koleksi dari rumah mode Prancis, Hermes.

"Jangan terkejut dengan harga tas Hermes Birkin Crocodile yang mencapai 105 ribu dollar alias Rp 1,5 miliar lebih ini. Satu tas ini bisa beli berapa rumahmu?" tulis akun Twitter @partaisocmed pada Kamis, 30 Maret 2023.

Tak berbeda ibunya, anak Massdes Arouffy juga gemar memakai tas mewah.Tas-tas tersebut diketahui dibanderol dengan harga puluhan juta rupiah. Baik istri dan anak, keduanya hampir selalu menunjukkan tas mewah yang mereka miliki di depan kamera yang diunggah ke akun media sosial mereka yang kini sudah dikunci.

Jika anda keberatan dan memiliki bukti atau alasan yang kuat bahwa artikel berita ini tidak sesuai dengan fakta, anda dapat melakukan pengaduan pada tautan ini

Tulis Komentar

0 Komentar