Mantap bersinergi, Prodi Ekonomi Syariah jalankan Kegiatan Pengabdian Masyarakat bersama mahasiswa KKN STAI MU di Bintan

Pendidikan | 22 May 2023 | 14:12 WIB
Mantap bersinergi, Prodi Ekonomi Syariah jalankan Kegiatan Pengabdian Masyarakat bersama mahasiswa KKN STAI MU di Bintan
Foto bersama mahasiswa KKN dan Prodi Ekonomi Syariah STAI Miftahul Ulum Tanjungpinang

Uwrite.id - Tanjungpinang, 21 Mei 2023 - Program Studi (Prodi) Ekonomi Syariah di Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Miftahul Ulum Tanjungpinang melalui Unit Bank Sampah melakukan kolaborasi dengan masyarakat dan kelompok KKN di Desa Penaga dan Desa Ekang Aculai. Kolaborasi ini bertujuan untuk mengimplementasikan kegiatan pengelolaan sampah yang bertujuan meningkatkan taraf perekonomian masyarakat di Kab. Bintan.

Dalam upaya mengurangi dampak negatif lingkungan dan mengembangkan model ekonomi yang berkelanjutan, Prodi Ekonomi Syariah STAI Miftahul Ulum Tanjungpinang dan komunitas masyarakat Desa Penaga dan Desa Ekang Aculai menginisiasi kegiatan pengelolaan sampah yang berbasis ekonomi. Kegiatan ini didasarkan pada pemahaman bahwa pengelolaan sampah yang baik dapat memberikan manfaat ekonomi yang signifikan bagi masyarakat.

Salah satu langkah konkret yang diambil adalah pendirian bank sampah di masing-masing desa. Bank sampah ini bertujuan untuk mendorong masyarakat untuk mendaur ulang sampah dan menjualnya kepada pihak yang membutuhkan, seperti pabrik pengolahan sampah atau perusahaan daur ulang. Melalui pendekatan ekonomi syariah, bank sampah tersebut juga menyediakan layanan pembiayaan mikro bagi warga yang ingin membuka usaha daur ulang sampah.

Prodi Ekonomi Syariah STAI Miftahul Ulum Tanjungpinang juga memberikan pelatihan dan bimbingan kepada masyarakat dan anggota PKM tentang pengelolaan sampah yang efektif dan ekonomis. Pelatihan ini mencakup cara memilah, mengolah, dan menjual sampah dengan nilai ekonomis yang tinggi. Selain itu, Prodi juga memberikan pendampingan dalam pengembangan usaha daur ulang sampah yang berkelanjutan.

Masjunaidi, MM, Ketua Program Studi Ekonomi Syariah di STAI Miftahul Ulum Tanjungpinang, menyampaikan, “Kegiatan pengelolaan sampah ini merupakan wujud nyata dari kontribusi Prodi Ekonomi Syariah dalam membangun ekonomi yang berbasis pada prinsip-prinsip Islam. Kami berharap melalui kolaborasi ini, masyarakat di Desa Penaga dan Desa Ekang Aculai dapat meningkatkan taraf perekonomiannya dan juga berkontribusi dalam menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan."

Kegiatan ini juga dibuka dan dihadiri langsung oleh Ketua STAI Miftahul Ulum tanjungpinang Bapak Drs. H. Amir Husin, MM bersama Asisten Ahli Bintan Ibu Dra. Hj. Mardhiah, MM. Dengan harapan kehadiran STAI Miftahul Ulum mampu memberikan dampak positif dan semangat kepada masyarakat sekitar dalam menjaga kebersihan juga mampu meningkatkan taraf perekonomiannya. 

Jika anda keberatan dan memiliki bukti atau alasan yang kuat bahwa artikel berita ini tidak sesuai dengan fakta, anda dapat melakukan pengaduan pada tautan ini

Tulis Komentar

0 Komentar