Mahfud MD Kunjungi Ponpes Cijantung Ciamis, Ikuti Dialog Kebangsaan

Politik | 15 Dec 2023 | 21:47 WIB
Mahfud MD Kunjungi Ponpes Cijantung Ciamis, Ikuti Dialog Kebangsaan
Cawapres nomor urut 3, Mahfud MD mengikuti dialog kebangsaan bersama para ajengan se Priangan Timur di Ponpes Cijantung Ciamis. Foto/Febriansyah

Uwrite.id - Cawapres nomor urut 3, Mahfud MD, hadir di Ponpes Al-Quran Cijantung Ciamis untuk mengikuti acara Dialog Kebangsaan dengan para Ajengan se-Priangan Timur pada Jumat, 15 Desember 2023.

Kedatangan Mahfud dan rombongan pada pukul 09.50 WIB disambut oleh para santriwan dan santriwati serta pengasuh pondok pesantren, KH. Onur Muhammad, dan Rais Syuriah, KH. Muhammad Irfai Nahrowi.

Turun dari mobil, Mahfud MD yang mengenakan batik warna kuning dan peci hitam disambut dengan penghormatan sorban putih oleh Pengasuh Ponpes Cijantung, KH. O. Nur Muhammad, sebelum masuk ke dalam rumah untuk dijamu dan berdialog dengan para kiai dan ulama yang telah berkumpul sejak pagi.

Sambil menikmati sajian, KH. Onur mengajak Mahfud berkeliling pondok pesantren. Santri yang berkumpul dengan antusias memanggil nama Mahfud, yang ramah memberikan salam dan senyuman.

Selanjutnya, Mahfud MD menuju Aula Pondok Pesantren Cijantung untuk menghadiri acara Dialog Kebangsaan, membahas peran kiai dan pesantren dalam penguatan demokrasi, hukum, dan HAM untuk kedaulatan NKRI dengan tema "Kiyai dan Pesantren Sebagai Sentrum Kultural Penguatan Demokrasi, Hukum dan HAM untuk Kedaulatan NKRI".

Acara ini dihadiri oleh sejumlah tokoh dari kalangan kiyai pondok pesantren di wilayah Priangan Timur, meliputi Kabupaten Ciamis, Kota Tasikmalaya, Kabupaten Tasikmalaya, Kota Banjar, dan Kabupaten Pangandaran.

Saat memasuki aula, Mahfud disambut dengan Tari Saman oleh santriwati Ponpes Cijantung Ciamis. Acara dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Quran, menyanyikan lagu kebangsaan, dan tawassul dipimpin oleh K.H. Oni Syahroni.

Pimpinan dan perwakilan keluarga besar Pondok Pesantren Cijantung Ciamis, KH. Drs. O. Nur Muhammad, menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua yang telah turut serta dalam acara ini.

Dialog Kebangsaan ini diharapkan menjadi tonggak awal dalam memahami lebih mendalam peran kiyai dan pesantren dalam menciptakan Indonesia yang berdaulat dan adil.

Jika anda keberatan dan memiliki bukti atau alasan yang kuat bahwa artikel berita ini tidak sesuai dengan fakta, anda dapat melakukan pengaduan pada tautan ini

Tulis Komentar

0 Komentar