M Djayadi Hanan (LSI): Prabowo di Atas Angin, Juli 2023

Politik | 28 Jul 2023 | 13:05 WIB
M Djayadi Hanan (LSI): Prabowo di Atas Angin, Juli 2023
Djayadi Hanan, Direktur Eksekutif LSI

Uwrite.id - Survey terkini yang telah dilakukan Lembaga Survei Indonesia (LSI) menunjukkan Prabowo Subianto pada level perolehan suara terbanyak, jauh di atas Anies Baswedan, juga Ganjar Pranowo. Presentasi survey tersebut digelar di hari Selasa lalu (11/07/2023).

Populasi survey LSI merupakan warganegara Indonesia yang umurnya berada di 17 tahun lebih atau telah menikah, serta mempunyai pesawat telepon/perangkat seluler, mencapai 83% atas total populasi secara nasional. Survey diselenggarakan di tanggal 1-8 Juli 2023.

Pemilihan sampel dilaksanakan via metode random digit dialing (RDD). RDD merupakan teknik memilih sampel melalui proses generating nomor secara random. Interview dengan responden dilaksanakan via telepon oleh interviewer yang terlatih.

Rilis Top of Mind dari survey LSI ini memastikan Menteri Pertahanan Kabinet Indonesia Maju ini pada rating teratas. 

Kepada responden disampaikan angket terbuka: pertanyaannya apabila Pemilu Presiden digelar hari ini, siapa yang Bapak atau Ibu contreng/coblos sebagai RI 1.

Outputnya, Prabowo Subianto di angka 20.00%, di bawahnya adalah Ganjar Pranowo dengan 19.90%, Joko Widodo 10.30%, Anies Baswedan 9.60%, Ridwan Kamil 1.20% serta terdapat figur-figur lain yang muncul dengan kisaran angka under 1%. 

Di simulasi 19 figur, responden diberikan item kuesioner: apabila pemilihan presiden diadakan hari ini, siapakah yang hendak Bapak atau Ibu contreng/coblos sebagai RI 1 di antara figur-figur yang diberikan.

Outputnya, Prabowo berada di rating teratas dengan 25 30%, dilanjutkan Ganjar Pranowo dengan 25.10% serta Anies Baswedan 15.40%. 

Terdapat figur-figur lain yang memperoleh hasil under 5.00% yakni Ridwan Kamil, Mahfud MD, juga Erick Thohir. 

Untuk simulasi 3 nama, peserta survey diminta menjawab pertanyaan tertutup: andaikata Pemilu Presiden diadakan hari ini, siapakah figur yang akan Bapak atau Ibu contreng/coblos sebagai RI 1, di antara ketiga figur tersebut.

Ketua Umum Partai Gerindra itu, kembali berada pada urutan paling unggul di score 35.80%, di bawahnya adalah Ganjar 32.20% serta Anies Baswedan unggul pada 21.40%.

“Prabowo merajai pada level 36.00%. Ini lumayan bagus, namun belum menembus dua kali margin of error,” tukas M Djayadi Hanan, DIrektur Eksekutif Lembaga Survei Indonesia.

Dijelaskan Djayadi, elektabilitas figur Prabowo Subianto terus melonjak tajam dari sebelumnya 30,30% pada April lantas mencapai 35.80% di bulan Juli. Figur di bawahnya, Ganjar Pranowo telah mengalami kenaikan dari April 2023, 26.90% terdongkrak ke 32.20% di bulan Juli.

Untuk elektabilitas Anies Baswedan, terjadi trend penurunan ketimbang April 2023 lalu, di mana yang tadinya bertengger di angka 25.30%, kini berubah menjadi 21.40% di bulan Juli.

"Terdapat trend penguatan dukungan pada figur Prabowo, dengan terlihat angka yang konsisten dari bulan Januari 2023 hingga saat ini," ungkap Djayadi lugas.

Dalam pada itu, di simulasi head to head, PS ternyata unggul pula dari Ganjar dan Anies. Jika berhadapan H2H versus Ganjar, Prabowo merajai di score 48.10%, H2H versus Anies di score di atas 50.00%.

Survey LSI kali ini dilaksanakan dengan teknik RDD sampel sebanyak 1242 peserta penjawab kuesioner dipilih via proses generating nomor secara random, validasi, dan screening. Margin of error survey diperkirakan ±2.8% di tingkat kepercayaan 95%, asumsi simple random sampling.

Jika anda keberatan dan memiliki bukti atau alasan yang kuat bahwa artikel berita ini tidak sesuai dengan fakta, anda dapat melakukan pengaduan pada tautan ini

Tulis Komentar

0 Komentar