Luhut Usulkan Nama Cawapres Untuk Dampingi Anies Baswedan Saat Bertemu Surya Paloh

Politik | 05 May 2023 | 18:01 WIB
Luhut Usulkan Nama Cawapres Untuk Dampingi Anies Baswedan Saat Bertemu Surya Paloh
Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh melakukan pertemuan dengan Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, di Wisma Nusantara, Jakarta. (Foto:JawaPos.com)

Uwrite.id - Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh bertemu dengan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan, di Wisma Nusantara, Jakarta Pusat hari ini, Jumat, 5 Mei 2023. Luhut menjelaskan, pertemuan dengan Surya berlangsung hangat dan membahas beberapa topik, termasuk isu Pilpres 2024.

NasDem bersama Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) telah membentuk Koalisi Perubahan untuk Persatuan dan mencalonkan Anies Baswedan sebagai calon presiden 2024. Luhut mengungkapkan, dirinya dan Surya bertukar pikiran soal calon presiden, termasuk memberikan saran soal calon wakil presiden untuk Anies.

“Waktu Pak Surya tanya (cawapres) ya saya jawab. Kalau ditanya ya saya jawab,” kata Luhut dikutip dari tempo.com, 5 Mei 2023.

Namun demikian, Luhut menolak membeberkan nama calon wakil presiden yang dilamarnya kepada Surya Paloh. Selain membahas Pilpres, Luhut juga menyebut persahabatannya dengan Surya Paloh menghasilkan kesepakatan bahwa meski berbeda pendapat, mereka akan tetap menjalin persahabatan.

“Kalau ada perbedaan sana-sini saya kira biasa saja. Tapi silaturahmi kita tetap utuh. Jadi kalau melihat perbedaan di luar saya kira tidak ada yang tajam. Semua memikirkan yang terbaik untuk Indonesia,” kata Ketua Dewan Pertimbangan Golkar.

Sebelumnya, Ketua DPP NasDem dan perwakilan tim kecil, Willy Aditya menyatakan, tim beranggotakan delapan orang itu sedang mencari pendapat dari berbagai tokoh terkait sosok yang tepat untuk mendampingi Anies. Willy mengibaratkan kegiatan ini dengan wisata belanja calon wakil presiden yang dilamar.

"Jadi sampai Mei nanti kita lihat apakah ada, karena politik selalu membutuhkan unsur kejutan. Kalau waktunya tepat, pasti akan kita umumkan," kata Willy, Senin, 24 April 2023.

Sejumlah nama muncul sebagai sosok yang berpotensi mendampingi mantan Gubernur DKI Jakarta itu, antara lain Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono alias AHY dan Wakil Ketua Majelis Syura PKS Ahmad Heryawan alias Aher. .

Selain itu, ada pula nama Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan mantan Panglima TNI Andika Perkasa.

Surya Paloh dan pimpinan partai lainnya di Koalisi Perubahan untuk Persatuan sebelumnya menyatakan bahwa penetapan calon Wakil Presiden akan diserahkan kepada Anies Baswedan.

Jika anda keberatan dan memiliki bukti atau alasan yang kuat bahwa artikel berita ini tidak sesuai dengan fakta, anda dapat melakukan pengaduan pada tautan ini

Tulis Komentar

0 Komentar