Lantik 165 PTPS, Ketua Panwascam Cijeunjing Ingatkan Potensi Politik Uang

Politik | 22 Jan 2024 | 22:08 WIB
Lantik 165 PTPS, Ketua Panwascam Cijeunjing Ingatkan Potensi Politik Uang
Panwascam Cijeunjing lantik 165 orang Pengawas TPS/Foto: Febriansyah

Uwrite.id - Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Cijeunjing melantik dan memberikan bimbingan teknis kepada 165 Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) dari 11 desa di Kecamatan Cijeunjing.

Ketua Panwascam, Yudilfan Aziz, menyatakan bahwa proses seleksi dilakukan secara ketat melibatkan tahapan administrasi dan wawancara.

"Kami telah menyeleksi calon Pengawas TPS secara administrasi dan wawancara. Hal ini untuk menguji kemampuan taktis para Pengawas TPS," ungkapnya usai pelantikan di gedung serba guna Ponpes Cijantun, Senin (22/1/2024).

Aziz menekankan pentingnya menjaga integritas dan nama baik lembaga serta daerah. Ia mengajak para PTPS untuk bekerja secara profesional, mematuhi perundang-undangan, dan mewujudkan Pemilu yang demokratis.

"Jaga integritas, jaga nama baik lembaga, jaga nama baik daerah. Wujudkan Pemilu yang demokratis dan bermartabat," tegasnnya.

Selain pelantikan, akan ada bimbingan teknis selama satu hari untuk memastikan PTPS memiliki dasar kepengawasan.

Aziz juga mencatat titik-titik rawan TPS di wilayah Cijeunjing, dengan penekanan khusus terkait potensi politik uang.

"Akan ada treatment khusus untuk titik-titik rawan ini. Kami juga mengimbau kepada para Pengawas TPS untuk menjadikan KPPS mitra kerja sebagai sesama penyelenggara Pemilu," ucapnya.

Ketua Bawaslu Ciamis, Jajang Miftahudin, memberikan arahan melalui video conference, menekankan bahwa pelantikan PTPS harus selesai dalam dua hari.

Ia mengucapkan selamat kepada peserta yang baru dilantik, menyadari peran penting mereka dalam mengawasi tahap pencoblosan surat suara di TPS.

"Menurut ketentuan, pelantikan seluruh anggota PTPS harus diselesaikan dalam dua hari ini (Minggu-Senin, 21-22 Januari 2024), tidak boleh melebihi tanggal 22 Januari 2024," ujarnya.

Jajang menegaskan bahwa pemahaman mendalam terhadap tata cara pengawasan dan peraturan sangat penting, mengingat tugas dan tantangan yang dihadapi PTPS, termasuk potensi permasalahan dan konflik.

"Saudara-saudara akan menghadapi tugas dan tantangan yang tidak mudah. Banyak hal yang mungkin terjadi, termasuk potensi permasalahan dan konflik," jelas Jajang.

Sebagai garda terdepan, Jajang menginstruksikan PTPS untuk memahami aturan, menyaring kejadian, menjalankan tugas sesuai arahan, dan melakukannya dengan tanggung jawab penuh.

Camat Cijeunjing, Iyus Sunardi, menyampaikan selamat dan mengingatkan PTPS untuk memahami aturan, bekerja profesional, dan terus berkoordinasi dengan pihak terkait dalam pengambilan keputusan.

"Selain itu, terus berkoordinasi, dengan Forkopimcam, dengan Pengawas Kelurahan/Desa, dengan Panwasacam, dalam setiap keputusan yang akan diambil," katanya.

Keberhasilan Pemilu dijadikan prioritas utama bagi seluruh anggota PTPS yang baru dilantik.

Jika anda keberatan dan memiliki bukti atau alasan yang kuat bahwa artikel berita ini tidak sesuai dengan fakta, anda dapat melakukan pengaduan pada tautan ini

Tulis Komentar

0 Komentar