Kunker Ke Sawah Sejaro Sakti, Danrem Gapo Terkejut Lihat Tanaman Padi

Lingkungan Hidup | 02 Aug 2024 | 13:25 WIB
Kunker Ke  Sawah Sejaro Sakti, Danrem Gapo Terkejut Lihat Tanaman Padi
Komandan Resort Militer (Danrem) 004 Garuda Dempo Brigjen TNI Muhammad Thohir tampak sedang berkomunikasi di lahan Pertanian Di Desa Sejaro Sakti

Uwrite.id -  

#Proyek Oplah Tengah dikerjakan

Ogan Ilir | Komandan Resort Militer (Danrem) 004 Garuda Dempo Brigjen TNI Muhammad Thohir melakukan kunjungan kerja di Desa Sejaro Sakti Kecamatan Indralaya, Kabupaten Ogan Ilir. Kamis, 1 Agustus 2024.

Dalam kesempatan tersebut, Muhammad Thohir beserta rombongan memantau dan melihat langsung proses pekerjaan guna memastikan program Optimalisasi Lahan (Oplah) pertanian berjalan maksimal serta sesuai dengan target pekerjaan.

" Kami berharap dari hasil pekerjaan  Oplah dapat menjadikan lahan pertanian yang semula kurang produktif menjadi lahan yang subur lantaran ada sumber air yang memadai dan dekat dengan lahan persawahan," kata Danrem Muhammad Thohir.

Melihat padi subur dan sehat hasil tanam Kelompok Tani setempat, Danrem mengaku terkejut. Ia memperkirakan bahwa lahan pertanian tersebut telah di tanami padi selama bertahun tahun.

Danrem sempat menanyakan kepada pak Kades, Ali Zaher bagaimana bisa diluar tanahnya kelihatan keras namun Tanaman padi sesubur ini.

" Tanah bagian atas kelihatan keras tapi padinya kok bisa subur gini ya. Wah ini perlu dipelajari gimana cara tanamnya ya pak Kades." Ungkap dia.

Pertanyaan Danrem di jawab Pak Kades Zahir secara spontan " tanaman padi bergantung pada sumber air dan pupuk. Kalau bisa kita atur keduanya meski tanah kelihatan keras tapi hasil tanaman pasti subur.

Danrem berharap dimasa depan dari hasil pekerjaan Oplah tersebut dapat mengaliri lahan-lahan pertanian baru dan memunculkan kelompok kelompok tani serta masyarakat yang semula masih ragu-ragu bercocok tanam menjadi petani yang professional.

Komandan Resort Militer (Danrem) 004 Garuda Dempo Brigjen TNI Muhammad Thohir tampak sedang berkomunikasi dengan Mitra Kerja Optimalisasi Lahan Pertanian Di Desa Sejaro Sakti

Dihimpun, sekitar satu jam lamanya Danrem Muhammad Thohir berada di lokasi persawahan Desa Sejaro Sakti. Seusai kunjungan rombongan dikabarkan berangkat ke Tanjung Pasir Kecamatan Pemulutan guna giat yang sama.

Kepala Dinas Pertanian Ogan Ilir, Abi Bakrin Sidiq terpantau mendampingi Danrem Muhammad Thohir. Dalam kesempatan tersebut Abi memberikan bantuan 5 unit pompa air guna program pompanisasi.

" Pompa air sudah ada, kami akan berikan guna kebutuhan para petani. Silahkan kelompok tani untuk mengajukan proposal. Nanti kita berikan pompa airnya. Kami berharap areal perusahaan di Sejaro Sakti ini menjadi persawahan percontohan yang dapat menyuplai lumbung pangan juga," kata dia. (Adie)

Menulis di Uwrite bisa dapat penghasilan, Investasikan tulisan anda sekarang juga
Daftar di sini

Jika anda keberatan dan memiliki bukti atau alasan yang kuat bahwa artikel berita ini tidak sesuai dengan fakta, anda dapat melakukan pengaduan pada tautan ini

Tulis Komentar