KPU Ciamis Siap Distribusikan Logistik Pemilu

Politik | 30 Jan 2024 | 21:08 WIB
KPU Ciamis Siap Distribusikan Logistik Pemilu
KPU Ciamis tengah menyelesaikan persiapan distribusi logistik Pemilu/Foto: ist

Uwrite.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ciamis telah menyelesaikan proses setting dan pengepakan surat suara di Joglo Kantor KPU Ciamis pada Selasa (30/1/2024).

Menurut Ketua KPU Kabupaten Ciamis, Oong Ramdani, distribusi logistik Pemilu akan dilakukan mulai tanggal 1 hingga 13 Februari 2024, menjelang hari pencoblosan.

Oong menyampaikan, setelah penyetingan dan pengepakan sesuai dengan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan surat suara, rencananya distribusi akan dilakukan oleh KPU melalui Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) menuju setiap TPS di Kabupaten Ciamis.

Lebih dari 100 tenaga pendukung turut membantu dalam kegiatan setting dan pengepakan tersebut.

Dalam penjelasan Kadiv Perencanaan, data, dan informasi, Tohirin, diketahui bahwa Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Kabupaten Ciamis mencapai 965.599 orang.

KPU Ciamis juga mencatat adanya Daftar Pemilih Tambahan (DPTb), dengan 5.331 orang pemilih pindah masuk dan 5.170 orang pemilih pindah keluar.

Tohirin menjelaskan bahwa pemilih yang pindah memilih dibagi menjadi dua kategori, yakni H-30 dan H-7.

Pemilih dengan alasan pindah domisili 30 hari sebelum pemilihan dipastikan mendapatkan surat suara lengkap.

Sementara pemilih dengan alasan pindah dalam 7 hari terakhir sebelum pemilihan akan menerima surat suara sesuai dengan tujuan pindahnya.

"Variatifnya distribusi surat suara akan tergantung pada asal pindah dan tujuan pindah pemilih, namun pemilihan Presiden tetap memastikan semua pemilih mendapatkan surat suara," tambah Tohirin.

Jika anda keberatan dan memiliki bukti atau alasan yang kuat bahwa artikel berita ini tidak sesuai dengan fakta, anda dapat melakukan pengaduan pada tautan ini

Tulis Komentar

0 Komentar