Kontingen Ciamis Raih Juara Umum Tingkat SD pada FTBI Jabar 2023

Pendidikan | 24 Nov 2023 | 10:36 WIB
Kontingen Ciamis Raih Juara Umum Tingkat SD pada FTBI Jabar 2023
FTBI Jabar tahun 2023, panggung bagi bakat-bakat muda yang unggul dalam bahasa daerah, khususnya Bahasa Sunda. Foto/istimewa

Uwrite.id - Kontingen Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) Kabupaten Ciamis berhasil meraih juara umum tingkat SD pada event FTBI jenjang SD dan SMP se Jawa Barat Tahun 2023.

Event yang berlangsung dari tanggal 13 hingga 16 November 2023 di Sultan Hotel and Convention Centre, Soreang Bandung, menjadi panggung bagi bakat-bakat muda yang unggul dalam bahasa daerah, khususnya Bahasa Sunda.

Di tingkat SD, Kabupaten Ciamis memboyong gelar juara umum dengan prestasi gemilang, mengamankan juara pertama dalam Biantara (putri), Maca Sajak (putra), dan Maca jeung Nulis Aksara Sunda (putra).

Mereka juga meraih juara tiga dalam kategori Maca jeung Nulis Aksara Sunda (putri), serta meraih penghargaan harapan pertama dalam Ngarang Carpon (putri), Ngadogeng (putra), harapan kedua dalam Ngadogeng (putri), dan harapan ketiga dalam Maca jeung Nulis Aksara Sunda (putra).

Sementara itu, di jenjang SMP, Kota Cimahi tampil sebagai juara umum dengan pencapaian luar biasa, meraih juara pertama dalam Borangan (putri), Ngarang Carpon (putri), dan Maca Sajak (putra).

Selain itu, mereka juga meraih juara kedua dalam kategori Ngadogeng (putri), juara tiga dalam Maca jeung Nulis Aksara Sunda (putri), harapan pertama dalam Ngadogeng (putra), dan harapan ketiga dalam kategori (putri).

Kontingen Kabupaten Ciamis turut serta dengan mengirimkan 28 peserta yang berpartisipasi dalam tujuh mata lomba, meliputi Nembang Pupuh, Ngadongeng, Biantara (Pidato), Nulis Carpon, Maca Sajak, Maca & Nulis Aksara Sunda, dan Borangan (Ngabodor Sorangan).

Inilah daftar pemenang Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) Jawa Barat dari Kabupaten Ciamis:

Jenjang SD

1. Muhammad Ashrul Tsani, SDN 2 Ciamis: Juara 1 Lomba Maca Sajak (Putra).

2. Selfi Andini, SDN 5 Imbanagara Raya: Juara 3 Lomba Maca jeung Nulis Aksara Sunda (Putri).

3. Rezki Padhil Nur ikhsani, SDN 4 Mekarsari: Juara Harapan 3 Lomba Maca jeung Nulis Aksara Sunda (Putra).

4. Alia Saidatunnisa, SDN 1 Winduraja: Juara Harapan 1 Lomba Ngarang Carita Pondok (Putri).

5. Aini Khrisna Aji Utami, SDN 3 Ciamis:
Juara Harapan 2 Lomba Ngadongeng (Putri).

 

Jenjang SMP

1. Gilang Febriansyah, SMPN 1 Kawali: Juara 3 Lomba Borangan (Putra).

2. Hanisa Julianti, SMPN 1 Kawali: Juara Harapan 2 Lomba Borangan (Putri).

3. Anisa Fatmawati, SMPN 2 Cihaurbeuti: Juara Harapan 1 Lomba Maca jeung Nulis Aksara Sunda (Putri).

4. Muhammad Meilky Satya, SMPN 1 Kawali: Juara Harapan 2 Lomba Ngarang Carita pondok (Putra).

Sumber: https://balaibahasajabar.kemdikbud.go.id/balai-bahasa-provinsi-jawa-barat-sukses-menyelenggarakan-festival-tunas-bahasa-ibu-2023/

Jika anda keberatan dan memiliki bukti atau alasan yang kuat bahwa artikel berita ini tidak sesuai dengan fakta, anda dapat melakukan pengaduan pada tautan ini

Tulis Komentar

0 Komentar